Faktor yang mempengaruhi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Kawasan Pesisir Pantai pada Kawasan Ekowisata Kuranji Dalang

Authors

  • Pande Komang Suparyana Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • I Putu Eka Indrawan Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Muhammad Nursan Fakultas Pertanian, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7367520

Keywords:

Pengendalian Pencemaran, Lingkungan Pesisir Pantai

Abstract

Kerusakaan pesisir pantai bisa terjadi karena adanya faktor alami dan factor buatan yang disebabkan oleh perilaku manusia. Perlu adanya pencegahan untuk menghindari dampak yang diakibatkan oleh kerusakan pesisir pantai. Kerusakan pesisir pantai oleh factor alam yang umumnya terjadi yaitu: banjir rob, akresi, abrasi dan tsunami. Tujuan penelitian ini untuk menentukan faktor internal eksternal pengendalian pencemaran lingkungan kawasan pesisir pantai pada Kawasan Ekowisata Kuranji Dalang. Sehingga dapat diberikan informasi mengenai faktor-faktor pengendalian pencemaran lingkungan kawasan pesisir pantai pada Kawasan Ekowisata Kuranji Dalang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 20 responden dengan metode purposive sampling atas pertimbangan responden tersebut dapat memberikan dampak bagi kelestarian lingkungan di pesisir pantai Kuranji Dalang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan mengkaji variabel kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang berperan dalam pengendalian pencemaran lingkungan kawasan pesisir pantai pada kawasan ekowisata Kuranji Dalang terdiri dari faktor eksternal adalah Bergesernya gaya hidup wisatawan menjadi go green; Belum termanfaatkannya potensi pesisir; Kebijakan pemerintah dalam pelestarian lingkungan; Adanya kegiatan beach cleanup oleh masyarakat umum; Kegiatan CSR dalam pelestarian lingkungan; Kurangnya pelatihan dalam pengelolaan sampah; Alih fungsi lahan; Potensi pencemaran dari pemukiman; Penegakan aturan belum efektif; Minimnya pengetahuan wisatawan dalam pelestraian lingkungan. Dan faktor Internal adalah Kesadaran dalam konservasi lingkungan; Tersedia TPA; Akses transportasi; Terdapat kelompok konservasi penyu; Potensi ekowisata pesisir; Kurangnya sarana dan prasarana kebersihan; Pemahaman pengelolaan sampah yang kurang; Kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya; Terjadi abrasi pantai; Pemukiman terlalu dekat dengan pantai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arda, M., Andriany, D., & Manurung, Y. H. (2021). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).

Beatly, T., David, J., Bower, dan Schwab, A. K. 2002. Introduction to Coastal Zone Management. Island Press. Washington, DC

Barkatin, B. (2016). Analisis Perilaku Pelajar Terhadap Lingkungan Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Bogor. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 6(2), 122-122.

David, F. R. (2004). Manajemen Strategis Konsep-konsep Edisi Kesembilan. PT. Indeks. Jakarta.

Farid, A. (2015). Peningkatan Kualitas Lingkungan Di Kawasan Nelayan Sepuluh-Madura. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 8(2), 95-102.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lucitasari, D. R. (2011, November). Analisa Strategis Pengembangan Produk Ramah Lingkungan Guna Mewujudkan Ekonomi Berwawasan Lingkungan Di Provinsi DIY. In Proceeding Industrial Engineering Conference 2011 (pp. 2-1). Faculty of Industrial Technology, UPN" Veteran" Yogyakarta.

Rajudinnor dan Mulyadi, D. (2020). Analisis Strategi Penerapan Kebijakan Pengelolaan Lingkungan di Berbagai Ekosistem di Kabupaten Seruyan. Journal Socio Economics Agricultural, 15(1), 15-27.

Ramdani, S. H., & Supriyat, F. (2014). Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada CV Certowin Multi Trading Indonesia. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(1), 48–55.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukanteri, N. P., Suparyana, P. K., Widnyana, I. K., & Lestari, I. P. F. K. (2022). Model Agribisnis Impatien Balsamina Sebagai Penggerak Perekonomian Pedesaan dan Pelestarian Budaya Lokal di Bali. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 121-128.

Suparyana, P. K., Indrawan, I. P. E., & Septiadi, D. (2022). Faktor Internal Eksternal Peningkatan Hasil Tangkap Ikan Pada Kelompok Nelayan Putra Bahari di Desa Kuranji Dalang. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 63-70.

Suparyana, P. K., Indrawan, I. P. E., & Syaputra, M. (2021). Peran Modal Sosial Kelompok Nelayan Menghadapi Cuaca Buruk di Pesisir Pantai Desa Kuranji Dalang. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 181-188.

Published

2022-09-30