Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran dengan Quizizz di SMA Negeri 1 Abiansemal

Authors

  • I Gusti Agung Handayani IKIP Saraswati
  • Ni Wayan Dian Permana Dewi IKIP Saraswati
  • I Made Yasna IKIP Saraswati

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7367483

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa melalui media pembelajaran menggunakan quiziz. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/20222. Subjek pada penilitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 sebanyak 35 orang. Objek dari penelitian ini adalah Hasil Belajar Siswa, dengan instrumen penelitian berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada media pembelajaran menggunakan Quizizz. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai hasil belajar matematika pada siklus I yang terdiri dari nilai rata-rata siswa sebesar 6,50, ketuntusan belajar sebesar 66,05%, dan daya serap sebesar 62,50%. Dan peningkatan nilai hasil belajar matematika siswa diperoleh pada siklus II yaitu nilai rata-rata siswa sebesar 8,08 ketuntusan belajar sebesar 85,20%, dan daya serap sebesar 75,35%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan (Suatu Pengantar). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Insan Cendekia.

Lutfiyah, Dwi Noviani Sulisawati. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education

Nana Sudjana, & Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nawen, dkk. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Konkrit di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian: FGSD, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Putri, Suardiati dkk. 2017. Implementasi Strategi Pembelajaran Tandur sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II S Negeri 1 Singapadu Tengah pada Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Santiaji Pendidikan

Rahmawatii, Nurina dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Materi Kubus dan Balok terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N se-Kecamatan Banyuurip ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Prosiding: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sunrepa, N. (2005). Implementasi Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Kelas II C SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika, Singaraja: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Published

2022-12-27