Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran dengan Quizizz di SMA Negeri 1 Abiansemal
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367483Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran, QuizizzAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa melalui media pembelajaran menggunakan quiziz. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/20222. Subjek pada penilitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 sebanyak 35 orang. Objek dari penelitian ini adalah Hasil Belajar Siswa, dengan instrumen penelitian berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada media pembelajaran menggunakan Quizizz. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai hasil belajar matematika pada siklus I yang terdiri dari nilai rata-rata siswa sebesar 6,50, ketuntusan belajar sebesar 66,05%, dan daya serap sebesar 62,50%. Dan peningkatan nilai hasil belajar matematika siswa diperoleh pada siklus II yaitu nilai rata-rata siswa sebesar 8,08 ketuntusan belajar sebesar 85,20%, dan daya serap sebesar 75,35%
Downloads
References
Agung, A. A. Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan (Suatu Pengantar). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Insan Cendekia.
Lutfiyah, Dwi Noviani Sulisawati. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education
Nana Sudjana, & Ibrahim. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Nawen, dkk. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Konkrit di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian: FGSD, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Putri, Suardiati dkk. 2017. Implementasi Strategi Pembelajaran Tandur sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II S Negeri 1 Singapadu Tengah pada Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Santiaji Pendidikan
Rahmawatii, Nurina dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran E-Learning pada Materi Kubus dan Balok terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N se-Kecamatan Banyuurip ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Prosiding: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sunrepa, N. (2005). Implementasi Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Kelas II C SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika, Singaraja: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.