Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Surya Wisata Kediri
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367467Keywords:
Model Pembelajaran, Concept Attainment, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa SMA Surya Wisata Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Surya Wisata Kediri yang berjumlah 31 orang, yang terdiri dari siswa perempuan 19 orang dan siswa laki-laki 12 orang. Sedangkan Objek dari Penelitian ini yaitu Aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan II siklus , dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perancanaan, tahap pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode analisis data deskriptif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I 13,70% yang berada pada kategori aktif menjadi 19,04% pada siklus II yang berada pada kategori Sangat Aktif. Sedangkan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 65,15 yang berada pada kategori Cukup Baik dan pada siklus II 80,00 yang berada pada kategori Baik. Dari Data tersebut dapat kita simpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa SMA Surya Wisata Kediri
Downloads
References
A.M, Sadirman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aryana, I.B.P. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Denpasar: Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Bruce, Joyce, Marsha Weil dan Emily Calhoun 2009. Models of Teaching (model-model pengajaran edisi kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Chotimah, H. 2009. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang:Surya Pena Gemilang.
Cresswell, John W. 2009. Research Design (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori Belajar Dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Dimyati dan Moedjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyani, N., Purwasi LA.2020.Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Education, vol, 3(1)17-18.
Harahap, Sofyan syafri. 2016. Analsis Kritis Laporan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik. 2008. Belajar dan Pembelajaran.Solo: Rineka Cipta.
Hewit, Paul G Lysons, Suzanne. Suchoki, John & Yeh, Jenifer. 2007. Conceptual Integrated Science. USA: Person Education Inc.
Huda Khoirul. 2017. Sistem Pendukung keputusan pemilihan Siswa Terbaik dengan Metode Promethee Berbasis Web. Bendosari Sukoharjo: Jurnal Administrasi Publik.
Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M
Joyce, LeFever. 2013. Pedomaan pemeriksaan Laboratorium & Diagnostik. Jakarta: EGC.
Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107
Lubis, Grafura. 2012. Metode Belajar dan Mengajar.Jogjakarta: Ar.Ruzz Media
Martinis Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08- 097086-8.92001-4
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
Nur Samsyara. 2015. Peningkatan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Journal Saintifik Vol.1.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana, Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional !990.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional. Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No.1)
Rahayu YS., Pratiw R., Indana S.2018. Development of Biology Student Worksheets to Facilitate Science Process Skills of Student, The Consortium of Asia-Pacific Education Universities (CAPEU, 295. Tersesdia pada file:///C:/Users/User%20All/Downloads/Development_of_biology_student_wor ksheets_to_facil.pdf.
Rusman. 2010. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Samsul Nizar. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Setyawan, H. 2011. “Pengertian Kelebihan dan Kekurangan Metode Ceramah”. Tersedia pada http://zonainfosemua.blogspot.com. (diakses pada tanggal 27 Juli 2022).
Sugyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trefil, James dan Hazen, Robert. 2007. The Sciences an Integrated Approach, Edisi ke-6. USA: John Wiley & Sons, Inc.
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPPENAS RI.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.