Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367407Keywords:
Google Classroom, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Pelaksanaan pembelajaran daring tidak terlepas dari diperlukannya ketersediaan sebuah platform untuk mempermudah pemahaman proses belajar mengajar. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah aplikasi Google Classsroom yang menyerupai ruang kelas fisik dengan berbagai alat pendukungnya. Aplikasi ini memudahkan pembuatan, pendistribusian, penilaian tugas secara paperless, hingga kemudahan untuk mengakses kembali materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X UPW SMK Negeri 5 Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling. Sebanyak 76 siswa kelas X UPW sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Materi pembelajaran yang digunakan adalah persamaan kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai thitung sebesar 11,08 dan ttabel sebesar 1,99 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Negeri 5 Denpasar; dan (2) nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen meningkat sebesar 47,4% sedangkan pada kelompok kontrol, hanya meningkat sebesar 16,3%.
Downloads
References
Ahmad Wahib Hilmi, Deddy Setiawan, dan M. M. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMK LAB School UNESA. 10(2), 172–177. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p172-177
Fauziah, U. N. El, Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Smp Di Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas). 2(2), 183–191. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281
Fitra, A., Sitorus, M., Parulian Sinaga, D. C., & Marpaung, E. A. P. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi. 3(2), 101. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42387
Hapsari & Pamungkas. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal WACANA, 18(2), 225–233.
Jannah, M., & Nurdiyanti. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1(1), 75–84.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. PT Rajawalindo Persada.
Muslik, A. (2019). Google classroom sebagai alternatif digitalisasi pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. 7(2), 246–255. https://doi.org/https:// 10.36052/andragogi.v7i2.98
Nafsi, L. L., & Trisnawati, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Aplikasi Komputer Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(1), 38–52.
Pradana, D. B. P., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). 59–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/itedu/article/view/20527%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
Rini Atikah, Rani Titik Prihatin, Herni hernayati, J. M. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PETIK, 7(1), 7–18.
Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.
Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 727–741.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.