PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.59672/emasains.v5i1.20Keywords:
Character, logical thinking, scientificAbstract
The Formation of Character and Logical Thinking Skills of Students through the learning of Mathematics-based Scientific
This article aim to examine the role of mathematics conceptually based scientific in character building and the ability to think logically. Characteristics of mathematics as deductive science and integrated already contain character rules such as; honestly, objectivity, responsibility, thoroughness, perseverance, cooperation, independence and creative. Mathematics as deductive science could use as vehide to train logical thinking, rational, systematic and consistant also obey the principle. Mindset like this is very usefull as a basic of scientific thinking, studying the exact sciences and other social sciences. Through scientific mathematics learning, student’s ability in problem solving and find the patterns also innovate will be trained.
Downloads
References
Berkowitz, 1997. Healthcare Market Research. Tools and Techniques for Analyzing and Understanding Today’s Healthcare Enveronment. Chicago:
McGraw-Hill Co.
Daryanto dan Darmiyatun. 2013. Implementasi pendidikan Karakter di sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dyers, J.H.. 2011. Innovators DNA: Mastering the Five Skills of Disruptive Innovators, Harvard Business Review.
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama . Jakarta
Ni’matus. 2011. Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 12 Surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.
Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Rosnawati, R. 2011. Berpikir Lateral Dalam Pembelajaran Matematika. ProsidingSeminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Edisi Mei 2011.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saragih, Sahat. 2006. Menumbuhkembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan, Edisi Juli 2006.
Sartika, Lidya. 2011. “Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Padang”. (Skripsi). Padang: FBSS. UNP.
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suriasumantri, Jujun S. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka SinarHarapan.
Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam keluarga. Jakarta: PT Gramedia.
Tarhadi. Dkk. 2007. Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan
Ganda Biasa. Jurnal Pendidikan, Volume 8, Nomor 2.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyudin. 2013. Materi Pembelajaran Matematika Kelas Rendah.Bandung: Penerbit Mandiri.
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.