PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK

Authors

  • I Made Surat FPMIPA IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.59672/emasains.v5i1.20

Keywords:

Character, logical thinking, scientific

Abstract

The Formation of Character and Logical Thinking Skills of Students through the learning of Mathematics-based Scientific

This article aim to examine the role of mathematics conceptually based scientific in character building and the ability to think logically. Characteristics of mathematics as deductive science and integrated already contain character rules such as; honestly, objectivity, responsibility, thoroughness, perseverance, cooperation, independence and creative. Mathematics as deductive science could use as vehide to train logical thinking, rational, systematic and consistant also obey the principle. Mindset like this is very usefull as a basic of scientific thinking, studying the exact sciences and other social sciences. Through scientific mathematics learning, student’s ability in problem solving and find the patterns also innovate will be trained.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Made Surat, FPMIPA IKIP PGRI Bali

Dosen Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bali

References

Abdurrahman. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter untuk Menumbuhkan Disaster Literacy dan Disaster Awareness Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Rawan Bencana. FKIP. Bandar Lampung.

Berkowitz, 1997. Healthcare Market Research. Tools and Techniques for Analyzing and Understanding Today’s Healthcare Enveronment. Chicago:
McGraw-Hill Co.

Daryanto dan Darmiyatun. 2013. Implementasi pendidikan Karakter di sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dyers, J.H.. 2011. Innovators DNA: Mastering the Five Skills of Disruptive Innovators, Harvard Business Review.

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama . Jakarta

Ni’matus. 2011. Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 12 Surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Rosnawati, R. 2011. Berpikir Lateral Dalam Pembelajaran Matematika. ProsidingSeminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Edisi Mei 2011.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saragih, Sahat. 2006. Menumbuhkembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan, Edisi Juli 2006.

Sartika, Lidya. 2011. “Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Padang”. (Skripsi). Padang: FBSS. UNP.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suriasumantri, Jujun S. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka SinarHarapan.

Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam keluarga. Jakarta: PT Gramedia.

Tarhadi. Dkk. 2007. Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan
Ganda Biasa. Jurnal Pendidikan, Volume 8, Nomor 2.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudin. 2013. Materi Pembelajaran Matematika Kelas Rendah.Bandung: Penerbit Mandiri.

Published

2017-10-12

Issue

Section

Articles