Inovasi, Dedukasi, Edukasi (IDE) Matematika Landasan Dalam Membangun Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.7367379Keywords:
Wirausaha, Matematika, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan bahwa konsep pembelajaran matematika memiliki relevansi yang baik sehingga menjadi landasan dalam berwirausaha. Konsep pembelajaran matematika yang berkaitan dengan bisnis harus memiliki inovasi, dedukasi, dan edukasi agar mendorong minat berwirausaha pada masyarakat khususnya mahasiswa untuk mengurangi pengangguran di Indonesia. Upaya dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan memberikan bekal kepada siswa mengenai pendidikan kewirausahaan agar kelak dapat dijadikan alternatif atau cita-cita utama di masa depan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kajian pustaka dimana referensi diambil berdasarkan jurnal online sebagai acuan dalam menganalisis serta menerangkan permasalahan yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini, yakni bahwa peran matematika sangat penting dalam berbagai bidang, salah satu nya adalah kewirausahaan. Ide bisnis bisa dipilih dari upaya pemenuhan kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran kewirausahaan dikalangan mahasiswa untuk bisa menghasilkan media matematika yang bermanfaat dan memiliki nilai jual tersebut diharapkan memberikan kontribusi yang besar bagi pemahaman siswa dalam pembelajaran. Dan ide kreatif untuk menghasilkan produk inovatif tersebut merupakan karakter wirausaha yang diharapkan
Downloads
References
Ahmad Fauzan. (2019). Pengembangan dan Implementasi Prototipe I & II Perangkat Pembelajaran geometri untuk Siswa Kelas 4 SD Menggunakan Pendekatan Realistik. Makalah disajikan dalam seminar nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA.
Anggreni, N. . L. P. Y. ., & Suparyana, P. K. . (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 151–162. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/302
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadilla, Alifah & Sutirna. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 Universitas Singaperbangsa Karawang
Ganefri, & Hidayat, H. (2017). Perspektif Pedagogi Entrepreneurship Di Pendidikan Tinggi. Depok: Kencana.
Kemendikas. 2010. Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pusat Kurikulum.
Haji, S., Abdullah, I., & Yumiati. (2017). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Luar Kelas. Jurnal Universitas Bengkulu, 3
Herman Hudoyo. 1989. Pengembangan Kurikulum Matematika & Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Narso, D., Suyitno, H., & Masrukan. (2013). MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK. Journal Unnes, 187.
Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2017). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. 241.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2014). Menumbuhkan Karakter Wirausaha Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Dan Media Matematika. Prosiding Seminar Entrepreneurship Universitas PGRI Semarang.
Ulya, H., & Istiandaru, A. (2016). Permainan Pasaran Dalam Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Untuk Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 3.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.