Inovasi, Dedukasi, Edukasi (IDE) Matematika Landasan Dalam Membangun Bisnis

Authors

  • Ni Pt Sri Eka Darmayanthi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Kadek Gita Sitiari Putri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Sumandya Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7367379

Keywords:

Wirausaha, Matematika, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan bahwa konsep pembelajaran matematika memiliki relevansi yang baik sehingga menjadi landasan dalam berwirausaha. Konsep pembelajaran matematika yang berkaitan dengan bisnis harus memiliki inovasi, dedukasi, dan edukasi agar mendorong minat berwirausaha pada masyarakat khususnya mahasiswa untuk mengurangi pengangguran di Indonesia. Upaya dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan memberikan bekal kepada siswa mengenai pendidikan kewirausahaan agar kelak dapat dijadikan alternatif atau cita-cita utama di masa depan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kajian pustaka dimana referensi diambil berdasarkan jurnal online sebagai acuan dalam menganalisis serta menerangkan permasalahan yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini, yakni bahwa peran matematika sangat penting dalam berbagai bidang, salah satu nya adalah kewirausahaan. Ide bisnis bisa dipilih dari upaya pemenuhan kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran kewirausahaan dikalangan mahasiswa untuk bisa menghasilkan media matematika yang bermanfaat dan memiliki nilai jual tersebut diharapkan memberikan kontribusi yang besar bagi pemahaman siswa dalam pembelajaran. Dan ide kreatif untuk menghasilkan produk inovatif tersebut merupakan karakter wirausaha yang diharapkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Fauzan. (2019). Pengembangan dan Implementasi Prototipe I & II Perangkat Pembelajaran geometri untuk Siswa Kelas 4 SD Menggunakan Pendekatan Realistik. Makalah disajikan dalam seminar nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA.

Anggreni, N. . L. P. Y. ., & Suparyana, P. K. . (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 151–162. Retrieved from https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/302

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadilla, Alifah & Sutirna. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 Universitas Singaperbangsa Karawang

Ganefri, & Hidayat, H. (2017). Perspektif Pedagogi Entrepreneurship Di Pendidikan Tinggi. Depok: Kencana.

Kemendikas. 2010. Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pusat Kurikulum.

Haji, S., Abdullah, I., & Yumiati. (2017). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Luar Kelas. Jurnal Universitas Bengkulu, 3

Herman Hudoyo. 1989. Pengembangan Kurikulum Matematika & Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Narso, D., Suyitno, H., & Masrukan. (2013). MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK. Journal Unnes, 187.

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2017). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. 241.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2014). Menumbuhkan Karakter Wirausaha Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Dan Media Matematika. Prosiding Seminar Entrepreneurship Universitas PGRI Semarang.

Ulya, H., & Istiandaru, A. (2016). Permainan Pasaran Dalam Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Untuk Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 3.

Published

2022-12-27