Hubungan Antara Sarapan Pagi, Pola Asuh Orang Tua, dan Aktivitas Belajar di Rumah dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6409830Keywords:
Breakfast, Parenting Patterns, learning Activities at home, biology learning outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sarapan pagi, pola asuh orang tua, dan aktivitas belajar di rumah dengan hasil belajar biologi peserta didik. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian korelasi. Data diolah menggunakan metode analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) ada hubungan yang signifikan antara sarapan pagi dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi sebesar 0,311 dan kontribusi variabel sebesar 9,7%, (2) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi sebesar 0,720 dan kontribusi variabel sebesar 51,8%, (3) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar di rumah dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi sebesar 0,796 dan kontribusi variabel sebesar 63,3%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara sarapan pagi, pola asuh orang tua, aktivitas belajar di rumah dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan koefesien korelasi sebesar 0.999 dan kontribusi variabel 99.7%.
Downloads
References
Arifin, L.A. 2015. Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(1): 203 – 207.
Candiasa, Made. 2010. Statistik Multivariat Diisertai Aplikasi SPSS.Siangaraja:
Undiksha Press
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Harahap, Nurmahni. 2014. Hubungan antara Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements
Division pada Konsep Ekosistem.
Hidayanti, Henni. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri II Padang diakses dari https://ejournal-s1.stkip-pgri- sumbar.ac.id/index.php/BK/arti cle/view/2550/2537
Riduwan, 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian.
Bandung : Alfabeta
Tilong, A.D. 2012. Kebiasaan- Kebiasaan yang dapat Memperpanjang Usia Anda. Yogyakarta: Bukubiru.
Widowati, S. Nurcahyani Desy. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar Kedewasaan dan Kedisiplinan Siswa dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri. Jurnal: Universitas 11 Maret.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.