Hubungan Antara Sarapan Pagi, Pola Asuh Orang Tua, dan Aktivitas Belajar di Rumah dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Mirah Dharmadewi Anak Agung Istri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Yuniari Suryatini Kadek Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ermi Florianti Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6409830

Keywords:

Breakfast, Parenting Patterns, learning Activities at home, biology learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sarapan pagi, pola asuh orang tua, dan aktivitas         belajar di rumah dengan hasil belajar biologi peserta didik. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian  korelasi. Data diolah menggunakan metode analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) ada hubungan yang signifikan antara sarapan pagi dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi sebesar 0,311 dan      kontribusi  variabel sebesar 9,7%, (2) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan  koefisien korelasi sebesar 0,720 dan  kontribusi variabel sebesar 51,8%, (3) Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar di rumah dengan hasil belajar biologi peserta  didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan koefisien korelasi sebesar 0,796 dan kontribusi variabel sebesar 63,3%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara sarapan pagi, pola asuh orang tua, aktivitas belajar di rumah   dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan koefesien korelasi sebesar 0.999 dan kontribusi variabel 99.7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, L.A. 2015. Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(1): 203 – 207.

Candiasa, Made. 2010. Statistik Multivariat Diisertai Aplikasi SPSS.Siangaraja:

Undiksha Press

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Harahap, Nurmahni. 2014. Hubungan antara Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements

Division pada Konsep Ekosistem.

Hidayanti, Henni. 2014. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri II Padang diakses dari https://ejournal-s1.stkip-pgri- sumbar.ac.id/index.php/BK/arti cle/view/2550/2537

Riduwan, 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian.

Bandung : Alfabeta

Tilong, A.D. 2012. Kebiasaan- Kebiasaan yang dapat Memperpanjang Usia Anda. Yogyakarta: Bukubiru.

Widowati, S. Nurcahyani Desy. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar Kedewasaan dan Kedisiplinan Siswa dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri. Jurnal: Universitas 11 Maret.

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles