Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Varian Omicron (Studi Kasus pada Prodi Pendidikan Biologi di IKIP Saraswati Tabanan)
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6426489Keywords:
Pembelajaran Daring,, Pandemi Covid-19, Perguruan TinggiAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring selama masa pendemi covid-19 varian Omicron studi kasus pada Prodi Pendidikan Biologi di IKIP Saraswati Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memperoleh data dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi yang ingin di ungkapkan, mengembangkan dan menafsirkan data, peristiwa kejadian dan fenomena-fenomena yang terjadi pada saat sekarang. Penelitian dengan menggunakan metode tersebut menitik beratkan pada observasi. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan mulai Desember 2021 sampai Januari 2022 dengan pengambilan lokasi di IKIP Saraswati Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan Yang Terletak di Provinsi Bali. Subjek peneliti yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Dosen, Mahasiswa, dan juga Kaprodi Pendidikan Biologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Varian Omicron (Studi Kasus Pada Prodi Pendikan Biologi di IKIP Saraswati Tabanan) tidak terlalu efektif dalam menunjang pencapaian tujuan pendidikan.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Perguruan Tinggi
Downloads
References
Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015).Special aspects of distance learning in educational system. Anthropologist, 22(3), 449–454.
Arifah Prima Satrianingrum,(2020) Persepsi Pendidik Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Universitas Negeri Yogyakarta.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).
Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University.
March, 113–115.
Ericha Windhiyana Pratiwi.(2020). Dampak Covid -19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Disebuah Perpendidikan Tinggi Kristen Di Indonesia, Bandung.
Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5.
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Education, 1(2), 61–70.
Handayanto, R. T., & Herlawati, H. (2020). Efektifitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi Dalam Mengatasi COVID-19 dengan Model Susceptible-InfectedRecovered (SIR). Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2), 119–124. https://doi.org/10.31599/jki.v20i2.119
Hartono, W.(2020). Penggunaan E-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1-18
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 : Sebuah survey online. LP2M.
Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.