Pengaruh Metode Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Interaksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Ina Wolu Henliana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Parmithi Ni Nyoman
  • Sumaryani N.Putri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.6401420

Keywords:

(Value Clarification Technique–VCT), TAI (Team Assisted Individualization), Interaksi, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique–VCT) Dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Interaksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI  SMA Negeri 6 Denpasar. 

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Post-Test-Only Control Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dengan 156 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dengan peserta didik 31 orang dan satu kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3 dengan peserta didik 31 orang, yang ditetapkan secara random sampling dengan cara undian. Analisis data menggunakan uji t-tes dan MANOVA. 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh : 1. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap interaksi peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring. 2. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan berpikir kritis  peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring. 3. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) secara simultan terhadap interaksi dan kemampuan berpikir kritis  peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring. 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles