Pengaruh Metode Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Interaksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.6401420Keywords:
(Value Clarification Technique–VCT), TAI (Team Assisted Individualization), Interaksi, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique–VCT) Dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Interaksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Post-Test-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dengan 156 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dengan peserta didik 31 orang dan satu kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3 dengan peserta didik 31 orang, yang ditetapkan secara random sampling dengan cara undian. Analisis data menggunakan uji t-tes dan MANOVA.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh : 1. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap interaksi peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring. 2. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring. 3. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) secara simultan terhadap interaksi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.