The PENGEMBANGAN LKS DINAMIK INTERAKTIF PADA MATERI VEKTOR SEBAGAI KONTEN PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BLAHBATUH
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5672530Keywords:
Validation, Student’ Worksheet, Geogebra, Exe-LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKS dinamik interaktif pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD (research and development). Desain model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, develop, implementation, evaluaition). Instrumen angket yang digunakan adalah pedoman wawancara, kuisoner penilaian pengguna untuk guru dan siswa, serta angket validasi untuk ahli materi dan ahli media. Hasil validasi dari LKS dari penilaian ahli materi adalah 95,83% dengan kriteria valid, sedangkan hasil validasi LKS dari penilaian ahli media adalah 100% dengan kriteria valid. Hasil penilaian dari 5 orang siswa adalah 85%, serta penilaian dari guru adalah 90% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil validasi, LKS dinamik interaktif yang dikembangkan memiliki kriteria valid tetapi belum layak digunakan karena belum dilakukan uji kepraktisan dan keefektifan.
Downloads
References
Andraphanova, N. V. (2015). Geometrical similarity transformations in Dynamic Geometry Environment GeoGebra. European Journal of Contemporary Education, 12(2), 116–128. https://doi.org/10.13187/ejced.2015.12.116
Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The Effects of GeoGebra on Students Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172(2007), 208–214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.356
Permendikbud 2016. (2016). SALINAN LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 22 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. Revista Brasileira de Ergonomia. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Retnawati, H. (2016). PROVING CONTENT VALIDITY OF SELF-REGULATED LEARNING SCALE (THE COMPARISON OF AIKEN INDEX AND EXPANDED GREGORY INDEX). Research and Evaluation in Education, 2(2), 123–146. http://routerjcs.nctu.edu.tw/router/word/11542212017.pdf
Richey, R., & Klein, J. (2014). Design and Development Research. Handbook of Research on Educationeal Communications and Technology, 4, 141–150.
Sadjati, I., Pannen, P., Puspitasari, S., Andriani, D., Pribadi, B., Tian, B., & Tung, K. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.
Safitri, R. L., & Oktaviani, D. N. (2019). VALIDASI LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4 (2),
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.