The PENGEMBANGAN LKS DINAMIK INTERAKTIF PADA MATERI VEKTOR SEBAGAI KONTEN PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BLAHBATUH

Authors

  • Dyah Maharani Pande Putu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Suarsana I Made Universitas Pendidikan Ganesha
  • Suweken I Gede Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5672530

Keywords:

Validation, Student’ Worksheet, Geogebra, Exe-Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKS dinamik interaktif pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Blahbatuh yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD (research and development). Desain model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, develop, implementation, evaluaition). Instrumen angket yang digunakan adalah pedoman wawancara, kuisoner penilaian pengguna untuk guru dan siswa, serta angket validasi untuk ahli materi dan ahli media. Hasil validasi dari LKS dari penilaian ahli materi adalah 95,83% dengan kriteria valid, sedangkan hasil validasi LKS  dari penilaian ahli media adalah 100% dengan kriteria valid. Hasil penilaian dari 5 orang siswa adalah 85%, serta penilaian dari guru adalah 90% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil validasi, LKS dinamik interaktif yang dikembangkan memiliki kriteria valid tetapi belum layak digunakan karena belum dilakukan uji kepraktisan dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andraphanova, N. V. (2015). Geometrical similarity transformations in Dynamic Geometry Environment GeoGebra. European Journal of Contemporary Education, 12(2), 116–128. https://doi.org/10.13187/ejced.2015.12.116

Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The Effects of GeoGebra on Students Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172(2007), 208–214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.356

Permendikbud 2016. (2016). SALINAN LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 22 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. Revista Brasileira de Ergonomia. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Retnawati, H. (2016). PROVING CONTENT VALIDITY OF SELF-REGULATED LEARNING SCALE (THE COMPARISON OF AIKEN INDEX AND EXPANDED GREGORY INDEX). Research and Evaluation in Education, 2(2), 123–146. http://routerjcs.nctu.edu.tw/router/word/11542212017.pdf

Richey, R., & Klein, J. (2014). Design and Development Research. Handbook of Research on Educationeal Communications and Technology, 4, 141–150.

Sadjati, I., Pannen, P., Puspitasari, S., Andriani, D., Pribadi, B., Tian, B., & Tung, K. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.

Safitri, R. L., & Oktaviani, D. N. (2019). VALIDASI LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 4 (2),

Published

2021-11-15