PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SERTA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGRI 2 MENGWI

PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SERTA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGRI 2 MENGWI

Authors

  • Putu eka indrawan matematika

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5655836

Keywords:

Model Quantum Learning berbasis kearifan lokal, kreativitas dan matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal terhadap kreativitas dan pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain non equivalen post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 287 orang yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IX 6 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 40 orang dan siswa kelas IX 4 sebagai kelompok kontrol sebanyak 42 orang. Pengujian hipotesis menggunakan metode statistik uji-t dan MANOVA dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan kreativitas belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021) terdapat perbedaan secara simultan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariantini,dkk. 2015. Pengaruh

Pembelajaran TANDUR Berbasis Kearifan Lokal Terhadap

Hasil Belajar IPA Kelas IV Semester II.http://ejounal.undiksha.ac.id (diakses pada 5 November 2016).

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-

Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astari, Ina. 2006. Pengaruh

Penggunaan Ponsel Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial

Remaja. http://repository.ipb.ac.id/jspui.bitstream.(diakses pada 15 Desember 2016).

Badwilan. 2004. Rahasia Dibalik

Hand Phone. Jakarta: Darul Falah.

Budyatna. 2005. Pengembangan

Sistem Informasi: Permasalahan dan Prospeknya.

Komunika. Vol 8 No 1.

Candiasa, Made. 2010. Statistik

Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha.

Hamzah. 2008. Model Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model

Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar Offset.

Iskamayanti, dkk. 2016. Pengaruh

Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur

Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. http://ejournal.pkpsmikipma

taram.org (diakses pada 13 November 2016).

Jihat, Asep. 2012. Evaluasi

Pembelajaran. Yogyakarta: Multipressindo.

Mahendra. 2014. Pengaruh Penerapan

Pendekatan Pembelajaran dan Asesmen Formatif

terhadap Prestasi Belajar Matematika Setelah Mengontrol Bakat Numerik. Disertasi. Universitas Negeri Jakarta. Tidak Diterbitkan.

Martuti, A. 2009. Pendidik Cerdas

dan Mencerdaskan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Muchith, Saekhan. 2007.

Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Murni, dkk. 2013. Penggunaan Model

Pembelajaran Quantum Learning Tipe TANDUR

DALAM Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SD, Negeri Madurejo Tahun Ajaran 2012/2013. http://jurnal.fkip.uns.ac.id (diakses pada 25 Maret 2017).

Nandang Kosasih, Dede Sumarna.

Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi

Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Nyna Adhitama, dkk. 2015.

Implementasi Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping

Worksheet Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej (diakses pada 30 Oktober 2016).

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma

Published

2021-11-15