PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SERTA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGRI 2 MENGWI
PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SERTA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGRI 2 MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5655836Keywords:
Model Quantum Learning berbasis kearifan lokal, kreativitas dan matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal terhadap kreativitas dan pembelajaran matematika siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain non equivalen post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 287 orang yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IX 6 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 40 orang dan siswa kelas IX 4 sebagai kelompok kontrol sebanyak 42 orang. Pengujian hipotesis menggunakan metode statistik uji-t dan MANOVA dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan kreativitas belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021) terdapat perbedaan secara simultan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kuantum berbasis kearifan lokal dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional oleh siswa kelas IX SMP Negri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021.
Downloads
References
Ariantini,dkk. 2015. Pengaruh
Pembelajaran TANDUR Berbasis Kearifan Lokal Terhadap
Hasil Belajar IPA Kelas IV Semester II.http://ejounal.undiksha.ac.id (diakses pada 5 November 2016).
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-
Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astari, Ina. 2006. Pengaruh
Penggunaan Ponsel Pada Remaja Terhadap Interaksi Sosial
Remaja. http://repository.ipb.ac.id/jspui.bitstream.(diakses pada 15 Desember 2016).
Badwilan. 2004. Rahasia Dibalik
Hand Phone. Jakarta: Darul Falah.
Budyatna. 2005. Pengembangan
Sistem Informasi: Permasalahan dan Prospeknya.
Komunika. Vol 8 No 1.
Candiasa, Made. 2010. Statistik
Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesha.
Hamzah. 2008. Model Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model
Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar Offset.
Iskamayanti, dkk. 2016. Pengaruh
Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur
Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. http://ejournal.pkpsmikipma
taram.org (diakses pada 13 November 2016).
Jihat, Asep. 2012. Evaluasi
Pembelajaran. Yogyakarta: Multipressindo.
Mahendra. 2014. Pengaruh Penerapan
Pendekatan Pembelajaran dan Asesmen Formatif
terhadap Prestasi Belajar Matematika Setelah Mengontrol Bakat Numerik. Disertasi. Universitas Negeri Jakarta. Tidak Diterbitkan.
Martuti, A. 2009. Pendidik Cerdas
dan Mencerdaskan. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Muchith, Saekhan. 2007.
Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.
Murni, dkk. 2013. Penggunaan Model
Pembelajaran Quantum Learning Tipe TANDUR
DALAM Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SD, Negeri Madurejo Tahun Ajaran 2012/2013. http://jurnal.fkip.uns.ac.id (diakses pada 25 Maret 2017).
Nandang Kosasih, Dede Sumarna.
Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi
Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Nyna Adhitama, dkk. 2015.
Implementasi Quantum Learning Berbantuan Mind Mapping
Worksheet Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej (diakses pada 30 Oktober 2016).
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.