Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Kerambitan
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5607104Keywords:
Pembelajaran Daring Berbasis Kartun, Berbantuan Video, Motivasi belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dan juga merupakan penelitian kolaboratif yang ditandai dengan adanya kerjasama antara guru wali kelas dengan pihak peneliti. Penelitian ini menggunakan II siklus, di mana masing-masing siklus menggunakan desain Penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari perempuan 17 orang dan laki-laki 13 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis data statistik deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi motivasi dan tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video dapat Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan. Ini terbukti dari nilai rata-rata motivasi belajar pada siklus 1 yaitu 67,66 berada pada kategori cukup aktif, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 84,16 yang berada pada kategori aktif. Sedangkan Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada refleksi awal nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu 60,16 dengan kategori Kurang Aktif, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I yaitu 72,00 dengan kategori Cukup Aktif, dan mengalami peningkatan rata-rata prestasi belajar pada siklus II yaitu 83,5 dengan kategori Sangat Aktif. Maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video dapat Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.