PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5701548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar yang terdiri dari tiga kelas, sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas MIA 1 yang ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas MIA 3 sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan simple random sampling, adapun instrument dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket minat dan tes untuk hasil belajar biologi peserta didik SMA PGRI 4 Denpasar, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA berbantuan SPSS 15.0 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh : 1) Terdapat perbedaan minat dari model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik kelas XI MIA SMA GRI 4 Denpasar. 2) Terdapat perbedaan hasil dari model pembelajaran model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar. 3) Terdapat perbedaan secara simultan dari model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar.

 

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Media Audio Visual,

Terhadap Minat dan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif Rohman. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Anissa Ratna Sari, 2013, Strategi Blended Learning Untuk peningkatan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa di Era Digital.

Budiningsih, A.C.2005. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Baharudin. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: Pusaka Sinar Harapan.

Baiq Nila Sari Ningsih, 2016.

Pengaruh Blended Learning Tehadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram.

Elyas.2018.“Penggunakan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”), Jurnal Warta, Edisi : 56 April 2018.

Garisson. D.R.,& Vaughan, N. 2008. Blended Leraning in Higher Education. San Francisco: Jossey-Bass

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Leraning). Jakarta:Prestasi Pustaka Raya.

Koyan, I Wayan. 2012. Buku Ajar 2012: Statistik Dua: Analisis Varian, Kovarians dan Jalur. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2012. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Cetakan I. Bandung : Alfabeta

Sudjana, Nana. 2002. Metodologi Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2002.

Sulihin B. Sjukur, 2012, “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik di tingkat SMK”.

Usman, M. U. 2005. Menajdi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Published

2021-11-15