PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA PGRI 4 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5701548Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar yang terdiri dari tiga kelas, sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas MIA 1 yang ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas MIA 3 sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan simple random sampling, adapun instrument dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket minat dan tes untuk hasil belajar biologi peserta didik SMA PGRI 4 Denpasar, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA berbantuan SPSS 15.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh : 1) Terdapat perbedaan minat dari model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat belajar peserta didik kelas XI MIA SMA GRI 4 Denpasar. 2) Terdapat perbedaan hasil dari model pembelajaran model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar. 3) Terdapat perbedaan secara simultan dari model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan media audio visual terhadap minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA PGRI 4 Denpasar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Media Audio Visual,
Terhadap Minat dan Hasil Belajar
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arif Rohman. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Anissa Ratna Sari, 2013, Strategi Blended Learning Untuk peningkatan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa di Era Digital.
Budiningsih, A.C.2005. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Baharudin. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: Pusaka Sinar Harapan.
Baiq Nila Sari Ningsih, 2016.
Pengaruh Blended Learning Tehadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram.
Elyas.2018.“Penggunakan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”), Jurnal Warta, Edisi : 56 April 2018.
Garisson. D.R.,& Vaughan, N. 2008. Blended Leraning in Higher Education. San Francisco: Jossey-Bass
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Leraning). Jakarta:Prestasi Pustaka Raya.
Koyan, I Wayan. 2012. Buku Ajar 2012: Statistik Dua: Analisis Varian, Kovarians dan Jalur. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2012. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Cetakan I. Bandung : Alfabeta
Sudjana, Nana. 2002. Metodologi Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2002.
Sulihin B. Sjukur, 2012, “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik di tingkat SMK”.
Usman, M. U. 2005. Menajdi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.