Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Peserta Didik Kelas VII SMP Nasional Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5637674Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan berpikir peserta didik kelas VII SMP Nasional Denpasar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 7 kelas (236 orang) dengan sampel penelitian 2 kelas yaitu: kelas VII C dan VII D dimana jumlah peserta didik tiap kelas 33 dan 34 orang yang diambil dari populasi menggunakan multi stage random sampling dengan teknik undian. Data kemampuan berpikir diperoleh dengan memberi tes dan analisis data dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh a) terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. b) terjadi interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar matematika peserta didik. c) pada peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir divergen, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih baik dari hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. d) pada peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir konvergen, hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik dari hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS).
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.