Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Vektor

Indonesia

Authors

  • Wardika I Wayan Gede STIMIK STIKOM Indonesia
  • Suardiati Putri Ni Wayan STIMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5637775

Keywords:

Video Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran vektor melalui video pembelajaran interaktif di STMIK STIKOM Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan di kelas AB semester I Program Studi Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia dengan banyak mahasiswa 63 orang. Pemilihan tempat penelitian didasarkan pada hasil observasi, bahwa pada kampus ini hasil belajar mahasiswa masih belum optimal. Serta penelitian serupa belum pernah dilakukan pada kampus ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi vektor. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai prasiklus mahasiswa, ketuntasan belajar dan daya serap berturut-turut adalah 56,19 , 58,73%, 56,16%. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai mahasiswa, ketuntasan belajar dan daya serap berturut-turut adalah 66,27 , 73,02%, 66,27%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai mahasiswa, ketuntasan belajar dan daya serap berturut-turut adalah 76,83 , 84,13%, 76,83%. Peningkatan persentase rata-rata nilai mahasiswa, ketuntasan belajar dan daya serap berturut-turut dari prasiklus ke siklus I yaitu masing-masing sebesar 17,94%, 24,33%, 17,94%. Sedangkan persentase peningkatan rata-rata nilai mahasiswa, ketuntasan belajar dan daya serap berturut-turut dari siklus I ke siklus II yaitu masing-masing sebesar 15,93%, 15,22%, 15,93%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 52–70.

Alrassyid, M. A., Haryono, & Prihatin, T. (2021). Penggunaan Video Berbasis Camtasia pada Hasil Belajar Siswa Pada Materi Renang di SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3072–3078.

Fauziah, Amelia, R., & Wahyuni, Y. (2021). Pemanfaatan Software Geogebra untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Matematika SMP/MTs Di Kecamatan Lengayang. Jurnal Implementasi Riset, 1(1), 28–37. Retrieved from https://iris.lppm.bunghatta.ac.id/index.php/iris/article/view/9

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Putra, I. P. S. A., & Wardika, I. W. G. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 111–120.

Putri, N. W. S., & Suryati, N. K. (2019). Penerapan Inkuiri Terbimbing sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Analisis Vektor di STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal Bakti Saraswati, 08(01), 45–53.

Putri, N. W. S., & Wardika, I. W. G. (2020a). Implementation TANDUR Learning Using GeoGebra Towards Student Learning Result Viewed from Independence Learning. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 115–121.

Putri, N. W. S., & Wardika, I. W. G. (2020b). Interaksi Model Pembelajaran Tandur Berbantuan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa ditinjau dari Kemandirian Belajar. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 99–105.

Putri, N. W. S., Wardika, I. W. G., Kencana, A. P. S., & Adnyana, I. B. G. W. (2021). Development of Interactive Learning Media for Vector Material Based on Animation Videos. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 1–7.

Runisah, Ismunandar, D., Gunadi, F., & Nurafifah, L. (2019). Pelatihan Penggunaan Geogebra Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMP/MTS Di Kecamatan Sindang Indramayu. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67–79. https://doi.org/10.31943/abdi.v1i2.12

Wardika, I. W. G., & Putra, I. P. S. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pokok Bahasan Himpunan di STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal Pendidikan Media Edukasi, 4(1), 17–24.

Wardika, I. W. G., & Putra, I. P. S. A. (2021). Use of The Google Classroom App in An Effort to Improve Student Learning Outcomes on Mstrix Subjects. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 8–16.

Published

2021-11-15