Penerapan Model Pembelajaran Tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Diah Wulan Harini Ni Putu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Juwana I Dewa Putu Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5637799

Abstract

Salah satu inovasi yang menarik untuk mengiringi perubahan pembelajaran yang semua berpusat pada guru beralih berpusat pada siswa adalah diterapkannya model-model pembelajaran inovatif, kreatif, dan konstruktif salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran tipe NHT berbantu alat peraga manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dikelas, sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Dan pada masa pandemi seperti saat ini, pelaksanaan penelitian tindakan kelas dibantu aplikasi google meet, google classroom serta whatsapp. Teknik analisis data hasil belajar siswa dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif dengan menghitung skor evaluasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII D SMP Widya Sakti Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-11-15