Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra terhadap Minat dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5637814Keywords:
geogebra, kemampuan pemecahan masalah matematis, minat belajarAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bekal perkembangan peserta didik di kehidupan sehari-hari. Sementara minat merupakan rasa keinginan yang tumbuh dalam diri seseorang untuk menjalankan suatu kegiatan tanpa paksaan. Mengenai hal ini, minat peserta didik yang masih rendah saat mengikuti pembelajaran matematika membuat kemampuan berpikir dalam penyelesaian masalah pun ikut masuk dalam kategori rendah sebagaimana hasil observasi di SMP Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis, minat belajar, serta perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar peserta didik kelas VII tahun ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 8 Denpasar melalui penerapan media pembelajaran Geogebra. Penelitian ini jenis eksperimen semu dengan menggunakan dua kelas sampel yang akan diberikan perlakuan berbeda. Kelas eksperimen yang mendapat treatment berupa penggunaan media pembelajaran Geogebra sedangkan kelas kontrol diberikan treatment mengikuti pembelajaran model konvensional. Analisis data menggunakan uji MANOVA satu jalur berbantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis, minat belajar serta perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar peserta didik.
Downloads
References
Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Setiawan, W., & Barat, J. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 315–322. [Online] . Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3165 [12 Juli 2020].
Intan, Runisah, & Gunadi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Minat Siswa terhadap Gaya Mengajar Guru pada Metode Inkuiri. September, 467–468. [Online]. Tersedia : prosiding.biounwir.ac.id [20 Juni 2020].
Khoiriyah, S., Pitaloka, D. A., & Utara, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. 211–214. [Online]. Tersedia: https://103.88.229.17/index.php/pspm/article/view/54 [20 Juni 2020].
Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 1–9. [Online]. Tersedia : https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp1-9. [12 Mei 2020].
Nadia, W. S., & Ibrani, Y. D. H. E. Y. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Materi Bilangan Bulat di SMP Negeri 23 Medan KelasVII T.P. 2018/2019. E-Jurnal Akuntansi, 15(2), 1–23. [Online]. Tersedia : https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78 [20 Juni 2020].
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamtis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. [24 April 2020].
Nurhayati, Meirista, E., & Suryani, D. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 74–82. [Online]. Tersedia: http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra/article/view/1174/1163. [24 Mei 2021].
Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal of Education, 01(03), 411–416. [Online]. Tersedia: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/182 [20 Juni 2020].
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75–84. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_4. [22 April 2020].
Yuliati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1159–1168. [Online]. Tersedia: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/547/331. [24 Mei 2021].
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.