Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Nasional Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.5472430Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap aktivitas dan hasil belajar pada peserta didik di kelas VII SMP Nasional Denpasar. Dalam implementasinya, kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran blended learning dan untuk kelompok control menggunakan model pembelajaran konvensional. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran blended learning terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik di SMP Nasional Denpasar, maka jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan post-test yang diterapkan pada du akelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Nasional Denpasar dengan total 236 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini dilakukan denga Teknik simple random sampling. Ada dua jenis instrument yang digunakan untuk memperoleh data, yaitu menyebarkan angket aktivitas belajar peserta didik dan tes hasil belajar matematika peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran blended learning.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.