Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Nasional Denpasar

Authors

  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika IKIP PGRI Bali
  • I Made Surat
  • monika basar

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5472430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap aktivitas dan hasil belajar pada peserta didik di kelas VII SMP Nasional Denpasar. Dalam implementasinya, kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran blended learning dan untuk kelompok control menggunakan model pembelajaran konvensional. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran blended learning terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik di SMP Nasional Denpasar, maka jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan post-test yang diterapkan pada du akelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Nasional Denpasar dengan total 236 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini dilakukan denga Teknik simple random sampling. Ada dua jenis instrument yang digunakan untuk memperoleh data, yaitu menyebarkan angket aktivitas belajar peserta didik dan tes hasil belajar matematika peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-09-06

Issue

Section

Articles