Implementasi Metode Eksperimen Verifikasi di Laboratorium untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik pada Materi Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.2548077Keywords:
verification experiment method, , learning outcomes, learning motivationAbstract
Effective and efficient learning methods need to be developed in order to motivate students to improve learning outcomes. One way to motivate students to learn biology through experimental verification methods in the laboratory. This study aims to increase motivation and learning outcomes of biology. The type of research used is classroom action research. The research subjects were class students X MIPA 4 SMA N 1 Mengwi school year 2017/2018, 35 people. The object of this research is learning motivation by using questionnaires and learning outcomes using multiple choice tests. Data were analyzed using descriptive statistical analysis. The results of data analysis showed an increase in the value of learning outcomes in the first cycle to the second cycle, namely the first cycle an average of 74.57, the second cycle to 82.28, the absorption of the first cycle 74.57% in the second cycle 82.28%, and completeness classical cycle I 80% in cycle II 97.14% was declared successful. Analysis of learning motivation data in the first cycle and second cycle shows the High category (T), so the cycle is stopped. It was concluded that the implementation of the verification experiment method in the laboratory could increase the motivation and learning outcomes of class students X MIPA 4 SMA N 1 Mengwi school year 2017/2018.
Downloads
References
Arbian, Sobiroh. 2006. Pemanfaatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA se Kabupaten Banjarnegara Semester I Tahun 2004/2005. Skripsi, Jurusan Bologi, Fakultas MIPA Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, Suharsini dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Cetakan ke VII Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan
Djamarah, Syaiful Bahri. Drs. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT.Rieneka Cipta.
Hamalik Oemar, 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hayat, Muhammad Syaiful, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa.
Ismijanto. 2011. Pengaruh Pemnfaatan Laboratorium Alam Sekolah Terhadap Motivasi dan Retensi Hasil Belajar Materi Pelajaran Ekosistem Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Biologi.
Koesadji et al. 2004. Teknik Laboratorium . Bandung : JICA.
Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta : rajawali Press.
Maulana, Y.A. 2008. Penerapan Metode Eksperimen untuk meningkatkan Kemampuan Elaborasi Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses 20 Desember 2017 dari http ://perpustakaan.upi.ac.id
Mustika. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA-FISIKA melalui Pembelajaran Praktikum dengan Memanfaatkan Alat dan Bahan DIlingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kragan Remang Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pendidikan Fisika.
Nashar, H. 2004. Peranan Motivasi Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta : Cet 2, Delia Press.
Pendit, Dayitri. 2011. Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Belajar Siswa Dan Pengelolaan Laboratorium Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Praktikum Biologi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Mengwi. Universitas Pendidikan Ganesha.
Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : Universitas Negeri Malang.
Sadiman. 2001. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sagala. 2010. Konsep dan Makna Belajar Mengajar. Bandung :Alfabeta.
Simalango, Astri Novita dan Muchtar, Zainuddin. 2008. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.
Sintia. 2008. Eksperimen Berbasis Inkuiri Dan Eksperimen Berbasis Verifikasi. Diakses 20 Desember 2017 dari http : //organisasi.org / taxonomymenu/ 2 / 52
Sisdiknas, UU RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidika Nasional dalam Bab 2 Pasal 3.
Suadin. 2010. Pendidikan Anak Tunalaras. Diakses 10 November 2017 dari http ://suadinmath.wordpress.com/2010/05/08/asesmen.
Sudjana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rodskarya.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Ke 6. Bandung : Bandung Tarsita.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pedidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D) .Bandung.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.
Suhardi. 2007. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta : FMIPA UNY.
Suratsih. 2010. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Penelitian Unggulan UNY (Multitahun). Yogyakarta : Lembga Penelitian UNY.
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.