PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGONTROL KECERDASAN EMOSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4657663Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan mengontrol kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 mengwi tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain The Non-Equivalent posttest only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan data kecerdasan emosional diperoleh menggunakan angket kecerdasan emosional. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test dan ANAKOVA satu jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah mengontrol kecerdasan emosional kelas VIII SMP Negeri 2 mengwi tahun pelajaran 2019/2020.
Downloads
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.