Kualitas Pengajaran Dosen dan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Siklus ACE APOS
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.2548062Keywords:
learning motivation, quality of teaching, ACE APOS cycleAbstract
This study aims to determine the level of motivation and perceptions of students on the quality of teaching lecturers who apply the cycle ADL (case study in real analysis). This research was conducted at IKIP PGRI Bali which amounted to 37 people. Data were collected by questionnaires consisting of a quality questionnaire of teaching and learning motivation. The collected data is then analyzed by using the ideal maximum score (MI) and ideal deviation (SI). Based on the calculation results can be obtained MI and SI for motivation data are respectively are 25 and 8,3. While MI and SI for teaching quality data are 37,5 and 12,5 respectively. Based on the data can be known average student's motivation level is 40,595. While the average quality of teaching lecturers obtained 63,027. Based on these results show that the perception of students on the quality of teaching lecturers is directly proportional to the level of student learning motivation. Based on the results obtained can be concluded that the level of student motivation and student perceptions of the quality of teaching lecturers are in very good category (case study on learning real analysis) with ADL cycle.
Downloads
References
Arsika, Reza dan M. Firman Ramadhan. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Ipa Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 1 Lembar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol. 1 (1), 10-18
Erawati, NK. 2018. Penerapan Siklus ACE APOS pada Mata Kuliah Analisis Riil. Jurnal Emasains Vol. VII (1), 22-28
Hamdu Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 (1), April 2011. Diakses dari http://www.undana.ac.id/jsmallfib_top/JURNAL/PENDIDIKAN/PENDIDIKAN_2011/PENGARUH%20MOTIVASI%20BELAJAR%20SISWA%20TERHADAP%20PESTASI%20BELAJAR%20IPA.pdf
Inayah, Ridaul, Martono, Trisno, Sawiji, Hery. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri Vol.1 (1) hlm 1-12
Saleh, HM. 2012. 10 Kriteria Dosen yan Berkualitas. Madania edukasi. http://salehstainjusi.blogspot.co.id/2012/04/10-kriteria-dosen-yang-berkualitas.html diunduh tanggal 10 Oktober 2017
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Suwarni, Eny. 2012. Hubungan Gaya Mengajar Dosen dalam Proses Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol . 1 (4, September 2012.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Yuliani, Sri. 2012. Dosen yang baik: Apa dan Bagaimana. http://sriyuliani.staff.fisip.uns.ac.id/kuliah/dosen-yang-baik-apa-dan-bagaimana/ Diakses dari file:///C:/Users/user/Downloads/79-383-1-PB.pdf. Diunduh tanggal 9 Oktober 2017.
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.