Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Berbasis Masalah Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.2548057Keywords:
biology learning outcomes, learning motivation, problem-based discovery learningAbstract
The problem studied is the effect of applying discovery learning strategies based on problems to motivation and biology learning outcomes. The study aims to determine the effect of the application of learning on the motivation and learning outcomes of biology, at Dharma Praja Denpasar High School, 2014-2015 school year. This type of research is a quasi-experimental with a Pre-test Posttest-Only Control Group Design, the population is students of class XI IPA Dharma Praja Denpasar High School consisting of two classes, IPA1 and IPA2, all made into samples (total population). Learning motivation data is obtained by means of motivation questionnaire, and learning outcome data are used learning outcomes test. The data was analyzed using the t-test and MANOVA (via SPSS 22.0 for windows) ts. 5%. The results of the study that the application of problem-based discovery learning strategies affect the motivation and learning outcomes of biology.
Downloads
References
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ina & Waspodo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Disccovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216.
Kosasih. 2012. Strategi Belajar dan Pembelajaran (Implementasi Kurikulum 2013). Bandung: Yrama Widya.
Koyan. 2012. Statistik Pendidikan ( Teknik Analisis Data Kuantitatif ). Bali: Undiksha Press.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Seifert. 2012. Pedoman Pembelajaran & Instruksi Pendidikan. Jogjakarta: IRCiSoD.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata & Nana Syaodih, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Takdir, 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press.
Published
Issue
Section
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.