Pengembangan Penuntun Praktikum Elektronik Berbasiis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu dan Kalor untuk SMP/Mts
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.4734431Keywords:
Pengembangan, KPS, Suhu dan KalorAbstract
Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang mengajarkan tentang, produk, proses, dan sikap ilmiah. Ketiga hal tersebut tidak dapat dicapai hanya dengan pembelajarn teori atau hafalan. Pembelajarn fisika perlu dilakukanya kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum akan berjalan dengan lancar apabila terdapat bahan ajar berupa penuntun praktikum. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima langkah, yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun dalam penelitian ini, tahap akhir yaitu implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) belum dilakukan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMP Negri 22 Kota Jambi, guru manyebutkan terdapat masalah mengenai pelaksanaan praktikum IPA. Pertama, penuntun praktikum yang tersedia belum sesuai dengan kurikulum, dimana pada dasarnya kegiatan praktikum harus mampu mengembangkan kemampuan belajar ilmiah siswa, sementara penuntun praktikum yang ada masih menuntun siswa untuk melakukan praktikum dengan cara hanya mengikuti prosedur yang ada pada penuntun praktikum saja. Hasil pengembanga penuntun praktikum berdasrkan hasil validasi materi yang dilakukan II tahap dikategori valid dan layak untuk diujicoba. Sedangkan hasil validasi ahli media yang dilakukan II tahap juga berada di kategori valid dan media layak untuk digunakan.
Downloads
References
Chabalengula, V. M., Mumba, F., & Mbewe, S. (2012). How Pre-service Teachers Understand and Perform Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education,8(3), 167–176. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.832a
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan,4(4), 516–523.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Lestari, A. (2018). Deskripsi keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika pada praktikum suhu dan kalor. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika,5(2), 68. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.10735
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Suryani, A., & Lestari, A. (2018). An Identification of Physics Pre-Service Teachers Science Process Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni,7(2), 239. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2690
Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED,9(2), 141–158. https://doi.org/10.1117/1.3653235
Hartono, & Oktafianto, W. R. O. (2014). Kefektifan Pembelajaran Praktikum Ipa Berbantu Lks Discovery Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Physics Education Journal,3(1).
Hırça, N. (2012). The Influence Of Hands On Physics Experiments On Scientific Process Skills According To Prospective Teachers Experiences. European J Of Physics Education,4(1), 1–9. Http://Ejpe.Erciyes.Edu.Tr/Index.Php/Ejpe/Article/View/82
Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Lintang Rofiatus, S. (2018). Deskripsi Sikap Siswa Sma Negeri Pada Mata Pelajarran Fisika Students. Edusains,10(1), 160–167.
Mustika, I., & Murniati, N. A. N. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Fisika Melalui Pembelajaran Praktikum Dengan Memanfaatkan Alat Dan Bahan Di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kragan Rembang Tahun Ajaran 2008/20091. 2(1), 89–99.
Ningsi, A. Putri, & Nasih, N. R. (2020). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi Pada Metari Pembiasan Pada Lensa Cembung Dengan Menggunakan E- Modul. Eksakta :Jurnalpenelitian Dan Pembelajaran Mipa,5(1), 35–43.
Novita, E. (2020). Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal Evaluation In Education (Jee,1(1), 34–41. Http://Cahaya-Ic.Com/Index.Php/Jee
Nurussaniaha, & Nurhayati. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.Prosiding Seminar Nasional Fisik,V, 63–68. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/0305010214
Raj, R. G., & Devi, S. N. (2014). Science Process Skills And Achievement In Science Among High. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies,2(15), 2435–2443.
Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA,2(2), 37. https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47
Sri, N. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbimbing Mahasiswa Biologi Stkip Payakumbuh. Jurnal Ipteks Terapan,1(10), 47–55.
Sukarno, Permanasari, A., & Hamidah, I. (2013). The Profile of Science Process Skill ( SPS ) Student at Secondary High School ( Case Study in Jambi ). International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER,1(1).
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ika,11(1), 16.
Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF,6(1), 300–305.
Widodo, A., & Ramdaningsih, V. (2006). Analisis Kegiatan Praktikum Biologi di SMP dengan Menggunakan Video. Metalogika,9(2), 146–158.
Yediarani, R. D., Maison, M., & Syarkowi, A. (2019). Scientific Reasoning Abilities Profil of Junior High School Students in Jambi. Indonesian Journal of Science and Education,3(1), 21. https://doi.org/10.31002/ijose.v3i1.627
Yuanita, & Yuniarita, F. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Ipa Berbasis Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar,1(2), 139. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6608
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.2(2).
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel ini dalam semua bentuk dan media, termasuk mencetak ulang, memotret, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi dari bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dan lain-lain, akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari penerbit jurnal.