PENGARUH TANGGUNG JAWAB TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP KOTA JAMBI

The Influence of Responsibility on Student Attitudes in Science Subject in Jambi City Junior High School

Authors

  • Rini Siski Fitriani a:1:{s:5:"en_US";s:17:"universitas jambi";}
  • astalini Universitas Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4724784

Keywords:

Sikap, Tanggung Jawab, Mata Pelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap IPA dan karakter tanggung jawab siswa di SMP Al Falah Kota Jambi dan SMP Pertiwi Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah Mix Methods untuk mencari hasil deskriptif kemudian dilanjutkan dengan uji regresi. Populasi dari penelitian ini adalah 153 siswa SMP. Hasil dari penelitian ini adalah analisis regresi pada kedua variabel sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA didapat nilai signifikansi 0.004 < 0.0 dan tanggung jawab 0.008 <  0.05 yang artinya terdapat pengaruh di antara kedua variabel tersebut. Indikator sikap terhadap penyelidikan IPA yaitu cukup dengan presentase sebesar 55.1 %. Untuk indikator kesenangan dalam belajar IPA yaitu cukup dengan presentase sebesar 69.9 %, dan untuk indikator normalitas ilmuwan yaitu cukup dengan presentase sebesar 50.7%. Untuk statistik deskriptif tanggung jawab dominan pada indikator tanggung jawab dalam kegiatan belajar kategori cukup dengan presentase sebesar 47.8%. indikator tanggung jawab dalam mengerjakan tugas pada kategori cukup yaitu 53.7 %, dan indikator tanggung jawab dalam belajar di rumah kategori cukup yaitu 73.5 %  sehingga dapat dikatakan bahwa kedua variabel saling mempengaruhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinbobola, A. O. (2009). Enhancing Students’ Attitude Towards Nigerian Senior Secondary School Physics Through The Use of Cooperative, Competitive And Individualistic Learning Strategies. Australian Journal of Teacher Education, 34 (1),1-9

Anita. Y.N & Setyowati.Rr.N. (2015). Tingkat Tanggung Jawab Siswa SMP Negeri 1 Sidoarjo Setelah Penerapan Building Learning Power (BLP). Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 3 (3). 1228-1243

Ardila. R. M, Nurhasanah, & salami. M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Jurnal FKIP UNS.

Asfadi, B., Yeliati, U., & Budiarti, R. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 3 Kota Jambi. Pendidikan Biologi. 1-8

Asrial, Syahrial, Kurniawan. D.A, & Maretika. L.D, 2018. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi IPA Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar PGSD Fkip Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: WAhana Ilmiah Pendidikan Dasar.4(2). 41-49.

Astalini & Kurniawan. D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 07(1), 1-7.

Astalini, Kurniawan. D. A., Melsayanti. R., & Destianti. A. ((2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA Di SMP se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan. 21 (2), 214-227.

Barriyah, K., Hastini, R. P, dan Sari, E. K. W. (2018). Konseling Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. KONSELOR. 7 (1), 1-8.

Dewi, R., Budiarti, R. S., & Aina, M. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Bakteri Bagi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Biodik. 3(1), 17-26.

Etherington.M.(2011). Investigative Primary Science: A Problem-based Learning Approach. Australian Journal of Teacher Education, 36 (9). http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2011v36n9.2

Faradiba. A.T & Royanto. L.R.M. (2018). Karakter Disiplin, Penghargaan, dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi. 7(1).93-88

Haqiqi. M. I, Mariani. S & Masrukan, (2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan. Journal of Primary Education. 6(2). 21-26. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Haryanto, Harizon, & Rantih. N.K. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Pada Materi Termokimia Kelas Xi Mia Sma Negeri 10 Kota Jambi. Journal of the Indonesian society of intregated chemistry. 8(1). 21-53

Hermawan. I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif & mix methods. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan

Kurniawan, D. A., Astalini., & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 19 (1), 124-139.

Kurniawan, N., & Nurlaili. (2020). Kedisiplinan siswa terhadap objek mata pelajaran IPA di SMP Kabupaten Muaro Jambi. 1(2),56-61

Kurniawan. D. A Astalini, Kurniawan. N. (2019). Sikap Siswa Terhadap IPA di SMP Kabupaten Muaro Jambi. 4 (3). 111-127.

Kusumadewi. K.R, Sedanayasa. Gd., & Antari. N. N. M.(2014). Efektivitas Konseling Gestalt Dengan Teknik “Saya Bertanggung Jawab Atas…” Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa. Jurnal Online Jurusan Bimbingan Konseling. 2(1), 1-10.

Maison, Astalini, Kurniawan. D. A, & Sholihah (2018). Deskripsi Sikap Siswa Sma Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS. 10 (01). 161-167.

Maison, Astalini, Kurniawan.D.A, & Sholihah. L.R. 2018. Deskripsi Sikap Siswa Sma Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS. 10(1).160-167

Nawari. (2010). Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta:Gramedia

Nurrohman. S, (2008). Peningkatan Thinking Skills Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Konstruktivisme Di Sekolah Alam. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. (1). 128-144.

Nursa’adah, F. P. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 4 (2), 112-123.

Nuvitalia. D., Patonah. S., Ernawati. S., Khumaedi., & Rusilawati. A, (2015). Dimensi Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Pendekatanaintifik Berbantuan Alat Perga Penjernihan Air. 10-17

Paino & Desmawan, W. (2020). Analisis sikap siswa pada pembelajaran IPA di SDN 124/VIII SidorejKabupaten Tebo. Integrated Science Education Journal (ISEJ).1(2),51-55

Putri. A. R., Maison., & Darmaji. (2018). Kerjasama dan kekompakan siswa dalam pembelajaran fisika di kelas XII Mipa SMAN 3 Kota Jambi. Edu-Fisika. 3(2). 32-40

Rabiah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tipe NHT Di Kelas IV SD Negeri 031 Pulau Kijang. 2 (3), 463-467.

Rahayu. R. P.(2016). Implementasi Pembelajaran Nilai Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas III Sd 1 Pedes Sedayu Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (5), 152-160

Rijal. S & Bachtiar. S. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUTIKA. 3 (2), 15-20.

Syafitri. R. (2017). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions And Getting Answers Pada Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. 1 (2), 57-63.

Syahrial, Kurniawan. A. R, Alirmansyah, & Alazi. A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 4(2). 232-244.

Tanti, Rahim, & Sampradja, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume. 8(2),169-182

Wilujeng. I., Setiawan A, & Liliasari. (2010). Kompetensi Ipa Terintegrasi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Mahasiswa S-1 Pendidikan Ipa. Cakrawala Pendidikan. (3). 355-364.

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles