https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/batarirupa/issue/feed Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni 2024-02-05T09:34:13+00:00 Putu Agus Permanamiarta agusp.mahadewauniversity@gmail.com Open Journal Systems <p>Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni terbit dua kali dalam setahun (April dan Oktober). Jurnal berisi tentang gagasan konseptual, hasil penelitian, kajian dan aplikasi teori pendidikan seni tari, drama dan musik, serta seni rupa.</p> <p><strong>Journal title :</strong> Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni<br /><strong>Frequency</strong> : 2 Issues every year (April &amp; October)<br /><strong>Indexing :</strong> <a href="https://scholar.google.com/citations?user=F--GQrAAAAAJ&amp;hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar </a><a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/26968" target="_blank" rel="noopener">GARUDA</a><br /><strong>Email: </strong>batarirupa.fkip.upmi@gmail.com<strong><br />Publisher: </strong>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan<strong><br /></strong><strong>Online ISSN: </strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220928261103201">2963-9522</a></p> https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/batarirupa/article/view/3569 CERITA TANTRI SILIH-SILIH KAMBING DALAM MOTIF BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER 2024-01-25T07:49:56+00:00 I Wayan Agus Sunarwan aguswayan756@gmail.com Putrayasa I Nyoman komangputra494@gmail.com Ni Putu Laras Purnamasari larassukanadi@gmail.com <p>Pendidikan karakter adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai kependidikan dan memberikan pelajaran kepada murid mengenai pengetahuan moral. Pada umumnya pemberian materi dalam pembelajaran pendidikan karakter dilakukan hanya dengan metode lisan atau berupa teks, jika ini terus dilakukan maka tidak menutup kemungkinan akan tercipta suatu pembelajaran yang monoton. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk menciptakan media pembelajaran visual khususnya pendidikan karakter melalui wayang dengan motif batik yang terinspirasi dari cerita tantri “<em>silih – silih kambing</em>”. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan alternaitf media pembelajaran pendidikan karakter berbasis produk seni dan untuk menguji kelayakan. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan metode kualitatif. Data – data yang dianalisa dengan metode ini berupa teks, dan kuesioner. Penelitian dilakukan pada siswa TK Negeri Apuan dengan guru sebagai pendamping sekaligus memberi penilaian. Berdasarkan data-data yang telah didapatkan, hasil menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran wayang cerita tantri <em>silih-silih</em> kambing ini mendapatkan predikat baik dari hasil penilaian kuesioner para guru TK Negeri Apuan. Sedangkan hasil wawancara, menyatakan bahwa media ini mampu meningkatkan daya tarik, semangat, dan antusias siswa terhadap pembelajaran, mengingat sangat jarang ada tenaga pendidik menggunakan media seperti ini sehingga membuat penggunaan media ini sangat menarik baik dari segi tampilan dan penyajiannya. &nbsp;</p> 2023-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/batarirupa/article/view/3570 TRADISI NYAAGANG DI KABUPATEN KLUNGKUNG 2024-01-25T16:13:07+00:00 Ni Putu Tika Sutarmini tikasutarmini12@gmail.com Ni Luh Putu Emi Yunica Zayantari putuemi888@gmal.com Putu Agus Permanamiarta aguspermana@mahadewa.ac.id <p>Upacara Tradisi Nyaagang dilaksanakan oleh masyarakat yang beragama Hindu di Kabupaten Klungkung. Tradisi Nyaagang diartikan yakni kembalinya ruh leluhur ke nirwana. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh masing-masing keluarga. Tradisi Nyaagang dilaksanakan pada Hari Raya Kuningan, namun pelaksanaanya kurang dari jam 12 siang. Kebiasaaan yang sudah dilaksanakan turun temurun yang mana merupakan bentuk penghormatan kepada roh leluhur dan juga Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Tradisi Nyaagang dilaksanakan di depan pintu masuk rumah yakni di <em>Lebuh</em>. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Prosesi Tradisi Nyaagang dan persiapan sarana upacara, (2) Nilai dari Tradisi Nyaagang yakni terdapat nilai gotong royong dan nilai religius.</p> 2023-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/batarirupa/article/view/3578 KEMAMPUAN MENYANYIKAN LAGU HYMNE GURU KELAS X FARMASI 1 SMK KESEHATAAN BALI DEWATA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 2024-01-29T03:56:42+00:00 Renata Surya Indah renataindah98@gmail.com I Made Gede Putra Wijaya imadegedeputrawijaya19@gmail.com I Wayan Sugama jabajero87@gmail.com <p>Seni musik dapat diartikan sebagai suatu karya yang dapat didengar&nbsp; diekspresikan melalui melodi, harmoni, ritme, timbre dan syair yang menjadi satu-kesatuan yang indah. sedemikian rupa, baik menggunakan alat musik dan vokal suara. Melalui musik seorang dapat mencurahkan isi hatinya, dan dengan musik pula seseorang dapat berkomunikasi dengan sesamanya. Hymne Guru adalah salah satu lagu wajib nasional yang biasa dinyanyikan pada hari pendidikan nasional atau hari peringatan kemerdekaan RI untuk menghormati pahlawan tanpa tanda jasa atau para pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) ingin mengetahui&nbsp; kemampuan menyanyikan lagu Hymne Guru kelas X Farmasi 1 SMK Kesehatan Bali Dewata tahun pelajaran 2021/2022, 2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kurang mampunya siswa kelas X Farmasi 1 SMK Kesehatan Bali Dewata&nbsp; dalam menyanyikan lagu Hymne Guru Tahun Pelajaran 2021/2022? Metode yang digunakan metode tes tindakan untuk mengukur kemampuan siswa menyanyikan lagu Hymne Guru.</p> 2023-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/batarirupa/article/view/3591 KORELASI ANTARA KOMPETENSI MENGUASAI GERAK-GERAK DASAR TARI BALI PUTRI DENGAN PRESTASI MENARIKAN TARI TENUN SISWA LKP SANGGAR TARI SEKAR RARE TABANAN 2024-02-05T09:34:13+00:00 Dwi Listyani Putri listyanip7@gmail.com Anak Agung Gede Agung Rahma Putra agung.rahmaputra@gmail.com I Gede Gusman Adhi Gunawan waonegumiart@gmail.com <p>Di dalam penelitian ini, peneliti ingin mengangkat mengenai Gerak-Gerak Dasar Tari Bali Putri dan Tari Tenun, dimana peneliti ingin mengetahui seberapa besar kompetensi siswa menguasai gerak-gerak dasar tari Bali Putri dan seberapa besar prestasi siswa dalam menarikan tari Tenun. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi siswa menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dan prestasi siswa dalam menarikan tari Tenun. Subjek penelitian dalam skripsi ini ialah siswa LPK Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan Tahun 2022 yang terdiri dari 25 orang. Medode penelitiannya bersifat empiris, karena gejala yang diteliti sudah ada secara wajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes tindakan. Adapun aspek yang dinilai dari gerak-gerak dasar tari Bali putri yaitu gerak dasar kepala, gerak dasar badan dan tangan, dan gerak dasar kaki. Sedangkan aspek yang dinilai dari Tari Tenun adalah agem, tandang, tangkep. Berdasarkan analisis pengolahan data mengenai kompetensi siswa menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dengan prestasi dalam menarikan tari Tenun siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan tahun 2022 tersebut diperoleh hasil dengan kreteria predikat baik. Nilai kompetensi siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri nilai rata-ratanya 79, sedangkan untuk nilai prestasi menarikan tari Tenun nilai rata-ratanya 81. Untuk hasil korelasi antara kompetensi menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dengan prestasi menarikan tari Tenun siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan tahun 2022 dapat dinyatakan ada korelasi antara kompetensi menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dengan prestasi menarikan tari Tenun siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare tahun 2022, dengan hasil korelasi product moment 0,746.</p> 2023-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni