KEMAMPUAN MENABUH BARUNGAN GAMELAN GONG GEDE SAIH PITU DALAM GENDING TEDUN DANYUH PADA KEGIATAN PELATIHAN TABUH DALAM GENDING TEDUN DANYUH SANGGAR SENI PANCER LANGIT

Main Article Content

I Putu Bayu Mahendra Putra
I Wayan Mastra
I Ketut Lanus

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan menabuh Gong Gede Saih Pitu di Sanggar Seni Pancer Langiit yang merupakan sebuah upaya peningkatan keterampilan siswa dalam kesenian musik tradisional Bali yang juga merupakan proses pendidikan nonformal yang pada hakekatnya merupakan seuatu proses pembelajaran untuk mencerdaskan manusia, serta mengembangkan nilai-nilai budaya dan menanamkan nilai moral, religious, dan secara intelektual, maupun dalam praktiknya.serta nilai keindahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan Menabuh barungan gamelan Gong Gede Saih Pitu dalam Gending Tedun Danyuh pada kegiatan pelatihan tabuh Sanggar Seni Pancer Langiit di Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun 2022 dengan subjek penelitian yitu peserta tabuh Gong Gede Saih Pitu. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes tindakan untuk pengumpulan data. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, seluruh peserta tabuh yang berjumlah 28 orang siswa dengan rata rata pencapaian hasil tes siswa yaitu dengan nilai 86,1. Dengan hasil ini, menunjukan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam Menabuh gamelan Gong Gede Saih Pitu di Sanggar Seni Pancer Langiit tergolong baik. Hasil tersebut juga didukung oleh beberapa fakor yaitu adanya fasilitas yang memadai, namun masih ada beberapa hambatan yang dialami oleh peserta didik pada saat proses pelatihan gamelan Gong Gede Saih Pitu.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, I. P. B. M., Mastra, I. W., & Lanus, I. K. (2023). KEMAMPUAN MENABUH BARUNGAN GAMELAN GONG GEDE SAIH PITU DALAM GENDING TEDUN DANYUH PADA KEGIATAN PELATIHAN TABUH DALAM GENDING TEDUN DANYUH SANGGAR SENI PANCER LANGIT. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 3(2), 198-211. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v3i2.4710
Section
Articles

References

Ali Hasan, N. (2018). PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PUSTAKAWAN Nurhayati Ali Hasan. Libria, 10(1), 95–115.

Ardana, I. K. (2020). Representasi Konsep Patet dalam Tradisi Garap Gamelan Bali. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 21(1), 11–27.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75.

Bandem, I Made 2013. Gamelan Bali Di Atas Panggung Sejarah. Denpasar: STIKOM BALI.

Darya, I. W., Jurnal, Hindu, A., Kemenristekdikti, K. R., & Press, J. (2019). Jurnal Penelitian Agama Hindu Terakreditasi Kepdirjen Risbang Kemenristekdikti. EKSISTENSI GAMELAN GONG GEDE SAIH PITU DALAM RITUAL AGAMA HINDU DI BANJAR KEBON SINGAPADU ( PERSPEKTIF TEOLOGI HINDU ), 3, 286–294.

I Ketut Ardana, N. (2013). Pengaruh Gamelan terhadap Baleganjur Semaradana. In Resital (Vol. 14, Issue 2, pp. 141–152).

Ikhwan, W. K. (2015). Implementasi Standar Isi, Standar Proses, Standar Lulusan Sebagai Standar Mutu pendidikan MTs Negeri Di kabupaten Tulungagung. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 16–22.

Mastra, I Wayan 2014. THESIS Gamelan Keklentingan Dalam Upacara Piodalan Pura Khayangan Jagat Luhur Natar Sari Baturuti Tabanan. UNHI Denpasar.

Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan RND. Bandung CV ALVABETA.

Sukerta, Pande Made. 1998 Ensiklopedi Mini Gamelan Bali. Bandung: SURABAYA.

Syarifuddin, L. (2010). Konsep Dasar Desentralisasi Pendidikan Non-Formal Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Basic Concept of Non-Formal Education Decentralization Based on Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidika. Risalah Hukum, 6(1), 44–52.