Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Mempelajari Gerak Tari Puspawresti dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas VIII C Smp Negeri 3 Abiansemal Tahun Pelajaran 2023-2024
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Abiansemal, pada tahun pelajaran 2023/2024. Adapun materi yang di gunakan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu Gerak Tari Puspawresti, yang di mana pada awalnya Seni Budaya atau Seni Tari menggunakan metode demonstrasi yang di mana siswa sangat kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran Seni Budaya ini, maka dari itu peneliti terjun langsung untuk penelitian di kelas VIII C dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Yang di mana pada model pembelajaran ini siswa bisa bekerja sama dengan temannya untuk menjadi sebuah kelompok dan lebih bisa memahami pembelajaran dengan baik.
Pengambilan data pada penelitian ini, sampel penelitian yang terdiri dari 31 siswa, yang di mana pada penelitian ini menjelaskan bahwa pada Pra-siklus nilai siswa sebesar 65% dengan ini bisa di lihat pada Pra-siklus nilai siswa masih sangat rendah yang di mana nilai tersebut sudah di paparkan pada tabel Pra-siklus. Di mana rata-rata pada Pra-siklus ini belum memenuhi KKM yang sudah ditentukan, pada siklus I yang sudah dilakukan nilai rata-rata siswa sudah lumayan meningkat yaitu 77,74. Sedangkan setelah melaksanakan siklus II, siswa sangat aktif dalam merespon dan meningkatkan hasil belajar dan siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh sudah sangat meningkat dari sebelumnya melakukan Pra-siklus dan siklus I, yang di mana nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 91,00. Yang di mana bisa di bilang bahwa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sangat bisa bagus untuk siswa.
Downloads
Article Details
References
Karpika. (2011). Pendidikan Sarjana Keguruan.
Marimba, A. D. (2013). Pengantar Pendidikan Islam. In Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (p. 32).
Martinis. (2013). Model Pembeajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Masriyah, S. (2012). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPA (PTK di Madrasah Ibtidaiyah Ishlahul Anam Cakung Jakarta Timur).
Nugraha, B. F. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Dengan Konsep Cbi ( Computer Based Instruction ) Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma N 1 Maja Kabupaten Majalengka Penerapan Model Pembelajaran E-Learning Dengan Konse. Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 1–182.
Nurdiana, L. (2020). MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU Lilik Nurdiana PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya ( email : liliknur@yahoo.co.id ). PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Rahmeta, I. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Di Sd Negeri 04 Bulu Pemalang. E-Jurnal Mitra Sains.
Rukmia. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran IPA Materi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 287–295.
Rusman. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Saputra, H. (2020). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(1), 90–96.
Slameto. (2008). Hasil Belajar Siswa.
Suyanto. (1999). No Title. In Penelitian Tindakan Kelas.
Tim PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas.
Velásquez, D. (2018). Telomere Elongation in Immortal Human Cells Without Detectable Telomerase Activity. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508.
Wahab, J. M. (1994). Telaah Teoritis Seni Tari: Komposisi dan Kreativitas Tari (IKIP Semarang (ed.)).