PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARIKAN TARI LEGONG JOBOG SISWA KELAS XI T1 SMK NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Main Article Content

Ida Ayu Ade Manik Satyawati
I Gede Gusman Adhi Gunawan
Putu Agus Permanamiarta

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan mengetahui respon siswa Kelas XIT1 SMK Negeri 3 Sukawati dalam menarikan Tari Legong Jobog melalui Metode Drill. Hasil penelitian menunjukkan adanya upaya penerapan model pembelajaran Drill dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas XIT1 SMK Negeri 3 Sukawati pada materi Tari Legong Jobog. Hal ini terlihat pada hasil melalui setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa respon siswa terhadap materi pembelajaran Tari Legong Jobog dengan menggunakan Metode Drill dikategorikan positif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Drill dalam materi Tari Legong Jobog dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menarikan Tari Legong Jobog dan respon siswa mengalami peningkatan.


 


This research is Classroom Action Research which aims to improve the abilities and determine the response of Class XIT1 students at SMK Negeri 3 Sukawati in dancing the Legong Jobog Dance using the Drill Method. The results of the research show that there are efforts to apply the Drill learning model in improving the abilities of class XIT1 students at SMK Negeri 3 Sukawati in the Legong Jobog Dance material. This can be seen from the increase in the results through each cycle. The results of this research show that students' responses to the Legong Jobog Dance learning material using the Drill Method are categorized as positive. It can be concluded that the application of the Drill method in the Legong Jobog Dance material can improve students' abilities in dancing the Legong Jobog Dance and student responses have increased.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Satyawati, I. A. A. M., Adhi Gunawan, I. G. G. ., & Permanamiarta, P. A. . (2025). PENERAPAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARIKAN TARI LEGONG JOBOG SISWA KELAS XI T1 SMK NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v5i1.3948
Section
Articles

References

Amalia, I. G. (2015). Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (penerbit ANDI, Anggota IKAPI).

Arikunto, S. (2010). Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA.

Arini. (2012). Teknik Dasar Tari Bali. bali.

Arista, D. (2013, Maret 31). Seni Tari . Retrieved from Tari Legong Jobog:

Artika. (1984). bali: pendidikan seni tari, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Eavers, N. a. (1967). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. jakarta: PT RINEKA CIPTA.

HARYATI, A. F. (2017). PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN.

Hasan, A. H. (2019). PTK & INOVASI GURU . Ds. Sidoarjo, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo.

Heniwaty, Y. (2015). Staf Pengajar Jur. Sedratasik, FBS, Universitas Negeri Medan. medan:

Indonesia, B. (2009, Maret 7). Tari Legong Jobog Bali. Retrieved from Budaya Indonesia: https://budaya-indonesia.org/Tari-Legong-Jobog-Bali

Mardiana, I. N. (2022). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes.

Putri, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas , Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Profesionalisme Guru Dan Kopetensi Belajar Siswa. Yogyakarta.

Putri, H. D. (2022). PEMBELAJARAN TARI SIWAR MENGGUNAKAN METODE DRILL.

Rahilla, V. Y. (2024). 4Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang. Pengaruh Metode Drill Berbantuan E-Modul Terhadap Hasil.

soedarsono. (2018, 7). seni tari. riau: universitas islam riau. Retrieved from Seni Tari

Wahyuni, S. (2019). http://eprints.unm.ac.id/16495/. PENERAPAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI SISWA DALAM PADUAN SUARA DI SMK NEGERI 2 MAROS.