PENERAPAN METODE DEMONTRASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN PIANO KLASIK LAGU FUR ELISE OLEH SISWA KELAS XI KEJURUAN MUSIK POPULER SMK NEGERI 3 SUKAWATI GIANYAR TAHUN AJARAN 2023/2024
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berbentuk kuantitatif dan penerapannya menggunakan metode demonstrasi dengan subjek seluruh siswa kelas XI Musik SMK N 3 Sukawati yang berjumlah 12 orang. Objek difokuskan pada aspek peningkatan kemampuan bermain piano klasik dan hasil penelitian menunjukkan penerapan metode demonstrasi sangat membantu serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa secara signifikan. Observasi menunjukkan banyak siswa kelas XI belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 80. Pada siklus I, hanya 2 siswa yang memenuhi indikator keberhasilan, sedangkan pada siklus II jumlahnya meningkat menjadi 9 siswa dengan lebih mengoptimalkan metode demonstrasi, sehingga indikator keberhasilan tercapai. Selain itu, respon siswa juga meningkat dari 68,6% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Praktek Instrumen Pokok (PIP) khususnya lagu "Für Elise", pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Sukawati tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
Article Details
References
Andriyanto, G. K. (2018). Konsep Pembelajaran Piano: Sebuah Sumbangsih Pemikiran. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 1(1), 51–64.
Aqib, Z. (2008). Model-Model dan Strategi Pembelajaran Konsetektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri.
De Larusicana, F. (2022). Estetika Musik Pada Struktur Melodi Fur Elise Karya Ludwig Van Beethoven. Repertoar Journal, 3(1), 56–62.
Depdikbud. (2001). Metode pembelajaran. Jakarta: Balai pustaka.
Juliantari, N. W. A., & Rasmini, N. K. (2013). Auditor switching dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 3(3), 231–246.
Kusumawati, H. (2013). Komposisi 1. Yogyakarta: FBS UNY.
Ngalimun. (2016). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo.
Poerwadarminta. (1985). Seminar Penulisan Bahan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.
Rismi, U. (2012). Musik dan Kecerdasan.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Soehardjo, A. J. (2012). Pendidikan seni : dari konsep sampai program. Malang: Bayumedia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarko, H. (1985). Seni Musik. Klaten: PT. Intan Pariwara.
Supradewi, R. (2016). Otak , Musik, dan Proses Belajar. Buletin Psikologi, 18(2), 58–68.
Surono, S. (2001). Perkembangan Produksi dan Kebutuhan Beras serta Kebijakan Pemerintah untuk Melindungi Petani. Bunga Rampai Ekonomi Beras (Suryana dan Mardianto). Jakarta: LPEM-FEUI.
Syah. (2000). Metode Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Winata, D. A. (2015). Pembelajaran Piano Klasik Untuk Siswa Tingkat Dasar di Maestro Music School Semarang. Universitas Negeri Semarang.