PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN ESTETIKA DALAM MATA KULIAH NIRMANA TRIMATRA

Main Article Content

I Putu Karsana
I Nyoman Putrayasa
I Made Sujana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan estetika mahasiswa dalam mata kuliah Nirmana Trimatra. Nirmana Trimatra adalah salah satu mata kuliah dasar dalam program studi seni rupa yang fokus pada eksplorasi bentuk tiga dimensi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 program studi seni rupa di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Instrumen penelitian meliputi lembar rancangan  dan dokumentasi karya mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dan penggunaan media digital mampu meningkatkan keterampilan dan estetika karya mahasiswa secara signifikan. Mahasiswa menjadi lebih kreatif dalam menghasilkan karya dengan berbagai macam bahan dan teknik, serta lebih peka terhadap aspek estetika seperti komposisi, proporsi, dan harmoni warna.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Karsana, I. P., Putrayasa, I. N., & Sujana, I. M. . (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN ESTETIKA DALAM MATA KULIAH NIRMANA TRIMATRA. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 52-62. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v4i1.3895
Section
Articles

References

E. Sanyoto, Sadjiman(2010). Nirmana “Elemen-Elemen Seni Rupa dan Desain” Yogyakarta:

Jalasutra.

Kemmis, Stephen and McTaggart, Robin (1988) The Action Research planner, 3rd Edition,

Deakin University, Geelong

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Mencptkan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Rapoport, R. N. 1970. Three Dilemmas in Action Research : With Special Reference to the Tavistock Experience, Human Relation, 23(6), 499-513.

Hopkins. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

https://id.pinterest.com/