PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TARI DWISMA JAYENGRAT PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 MENGWI KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran tari Dwisma Jayengrat pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Mengwi, Kabupaten Badung melalui penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Mengwi, Kabupaten Badung, Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 40 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan hasil pembelajaran tari Dwisma Jayengrat pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Mengwi, Kabupaten Badung. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata sebesar 62,1, dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 85,6. Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil pembelajaran tari Dwisma Jayengrat pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Mengwi, Kabupaten Badung, Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TARI DWISMA JAYENGRAT PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 MENGWI KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (2024). Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 33-51. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v4i1.3873
Section
Articles

References

Anoegrajekti, Novi. 2008. Estetika Sastra, Seni, dan Budaya. Jakarta: UNJ Press.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arini, Ni Ketut. 2012. Teknik Tari Bali. Denpasar: Yayasan Tari Bali Warini.

Bandem, I Made. 1982. Ensiklopedia Tari Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia.

Bawa, Drs Pande Wayan, dkk. 2012. Materi Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Denpasar.

Cerita, I Nyoman dan Putra Padmini. 2009. Analisis Tari dan Gerak. Denpasar: Falkutas Seni Pertunjukan Seni Indonesia Denpasar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Djayus, I Nyoman. 1980. Teori Tari Bali. Denpasar: CV. Sumber Mas Bali.

Fardil, Harmianto. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung: ALFABETA.

Gunartha, I Wayan. 2009. Materi Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Denpasar: IKIP PGRI BALI.

Indiati. 2019. Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakurikuler Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Indraswari, Ni Luh Kade. 2021. Kemampuan Menarikan Tari Widya Sakti Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Siswa SMP Negeri 1 Mengwi Badung Tahun Pelajaran 2020/2021. FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Indrawati, Ani. 2012. Harmonisasi Gestur Dalam Pembelajaran Pola Lantai Gerak Tari Melalui Teknik Tutor Sebaya Di Smk. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2021/07/12.-Ani-Indrawati-Harmonisasi-Gestur-Dalam-Pembelajaran-Pola-Lantai-Gerak-Tari-Melalui-Teknik-Tutor-Sebaya-.pdf: diakses pada tanggal 13 Februari 2022.

Iriaji. 2010. Konsep Dan Strategi Pembelajaran Seni Budaya. Surabaya: Cakrawala Indonesia.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Karpika, I Putu. 2010. Pengantar Pendidikan. Denpasar: IKIP PGRI BALI.

Kuswarsantyo. 2012. "Pelajaran Tari : Image dan Kontribusinya terhadap Pembentukan Karakter Anak." (Online). Jurnal Seni Tari. Volume 3, Nomor 1 17-23.

Moleong, Lexy J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniati, Sagung Rai. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menarikan Tari Bungan Sandat Serasi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tari oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kerambitan, Tabanan Tahun 2014/2015. FPBS IKIP PGRI BALI.

Musclich, Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkacana, Wayan dan Sumartana, PPN. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Paizaluddin, dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: ALFABETA.

Rahardjo, Solihatin dan. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Bumi Aksara.

Senita, Kadek Gian. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Keterampilan Menarikan Tari Sekar Jagat Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015. FPBS IKIP PGRI BALI.

Sharan, S. 2009. Handbook of Cooperative Learning Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran untuk Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas (Alih Bahasa Sigit Prawoto). Yogyakarta: Imperium.

Soedarsono. 1972. Djawa dan Bali Dua Pusat Perkembangan Drama Tari Tradisionil Di Indonesia. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiantari, Ida Ayu Wayan Eka. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tari Puspa Hredaya Dalam Ekstrakurikuler Tari Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Abang Tahun Pelajaran 2014/2015. FPBS IKIP PGRI BALI.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. 1996. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Widya-iswara. Jakarta: Depdikbud, Dikdasmen

Suharso. 2005. Kamus Besar Nahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Susuilowati, Tantriana dan Sri Muryati. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Jasa Para Pahlawan Kelas Iv Semester 1 Sd Negeri Cabean Tahun Pelajaran 2020/2021. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jppg/article/view/1384/925.

Suwandi, Sarwiji. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Watra, I Wayan. 2009. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Paramita.

Winantara, I Made. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Gender Wayang Pada Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Mengwi Kabupaten Badung.

Winkel, W. S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.