KEMAMPUAN MENARIKAN TARI MAHA BHAGAWATI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SISWA SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Main Article Content

I Made Dwi Yoga Pramana Putra
I Wayan Sugama
I Gede Gusman Adhi Gunawan

Abstract

Penelitian ini memfokuskan menilai kemampuan siswa kelas XII. Pada penelitian ini terdapat 2 masalah yang diangkat yaitu: 1) Bagaimanakah kemampuan dalam menarikan tari Maha Bhagawati dalam kegiatan ekstrakurikuler tari siswa kelas XII SMA Negeri 2 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023? 2) Kesulitan apakah yang dialami oleh siswa dan faktor-faktor apakah yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menarikan tari Maha Bhagawati? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas XII yang mengikuti ekstrakurikuler tari dalam menarikan tari Maha Bhagawati dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menarikan tari Maha Bhagawati. Metode yang digunakan dalam mengadakan penelitian yaitu dengan 1) Metode penentuan subjek penelitian yaitu dengan subjek penelitian populasi dengan jumlah 24 orang, 2) Metode pendekatan subjek penelitian yaitu dengan metode empiris karena gejala yang diteliti telah ada secara wajar, 3) Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan metode wawancara, 4) Metode pengolahan data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis desktiptif kualitatif. Hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan, nilai rata-rata keseluruhan siswa kelas XII adalah 81 dengan predikat baik, nilai 100-86 sebanyak 13 orang dengan presentase 54%, niali 80 sebanyak 4 orang dengan presentase 17%, nilai 75-60 sebanyak 7 orang dengan presentase 29%

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, I. M. D. Y. P., Sugama, I. W. ., & Gunawan, I. G. G. A. . (2024). KEMAMPUAN MENARIKAN TARI MAHA BHAGAWATI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SISWA SMA NEGERI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 10-32. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v4i1.3872
Section
Articles

References

Anggara Dwi, 2020. Penggunaan Media Audio Visul Dapat Meningkatkan Kemampuan Menarikan Tari Sekar Ibing Dalam Ekstrakurikuler Tari Siswa SMP Ganesha Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Denpasar: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bali.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bambang, Marhiyanto. 2014. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya. Vitory Inti Cipta.

Bandem, I Made. 1996. Etnologi Tari Bali. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

Budiasih, Ni Nengah, 27 Januari 2023. Wawancara. Denpasar : Pembina Ekstrakurikuler Seni Tari Taksu Resman dan Guru Pengajar Seni Budaya

Coulter, Robbins. 2004. Manajemen, Edisi Ketujuh, Edisi Indonesia, Jilid Kesatu. Jakarta: PT. Indeks Group Gramedia.

Dibia, I Wayan. 1977/1978. Perkembangan Seni Tari Bali. Proyek Sasana Budaya.

Dibia, I Wayan. 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Bali. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Fuad Ihsan. Dasar-dasar Kependidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011), hal. 1-2

Gusman Adhi Gunawan, I Gede. 2019. Tarian Legong Buwuk: Sebuah Karya Unik Yang Lahir Berdasarkan Kisah Nyata. Denpasar: Stilistika Volume 8, Nomor 1

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa University Press.

Kaya dan Sudra. 1984. Tata Teknik Pentas. Denpasar: SMKI.

Mardalis. 1989. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi. Aksara.

Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Pradnya, 2020. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menarikan Tari Saraswati Natha Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Siswa SMA Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2019/2020. Denpasar: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bali.

Putra Padmini, Tjok Istri. 13 Desember 2022. Wawancara. Denpasar : Pencipta Tari (Koreografer)

Ratna, 2016. Kemampuan Menarikan Tari Dharmaning Satya Dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali Tahun Akademik 2015/2016. Denpasar: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bali.

Suandi, I Wayan. 1997. Metode Penelitian. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni. Malang: bayumedia Publishing.

Sugama, I Wayan. 2020. Tata Rias Bondres Antara Lucu Dan Menakutkan: Perspektif Estetika Bentuk. Denpasar: Stilistika Volume 8, Nomor 2, Mei 2020 IKIP PGRI BALI

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: Alvabeta

Wira Adi Armaeni, Ketut. 27 Januari 2023. Wawancara. Denpasar: Pembina Ekstrakurikuler Seni Tari Taksu Resman

Yoyok RM dan Siswandi. 2008. Pendidikan Seni Budaya. Jakarta: Yudhistira.