KORELASI ANTARA KOMPETENSI MENGUASAI GERAK-GERAK DASAR TARI BALI PUTRI DENGAN PRESTASI MENARIKAN TARI TENUN SISWA LKP SANGGAR TARI SEKAR RARE TABANAN

Main Article Content

Dwi Listyani Putri
Anak Agung Gede Agung Rahma Putra
I Gede Gusman Adhi Gunawan

Abstract

Di dalam penelitian ini, peneliti ingin mengangkat mengenai Gerak-Gerak Dasar Tari Bali Putri dan Tari Tenun, dimana peneliti ingin mengetahui seberapa besar kompetensi siswa menguasai gerak-gerak dasar tari Bali Putri dan seberapa besar prestasi siswa dalam menarikan tari Tenun. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi siswa menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dan prestasi siswa dalam menarikan tari Tenun. Subjek penelitian dalam skripsi ini ialah siswa LPK Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan Tahun 2022 yang terdiri dari 25 orang. Medode penelitiannya bersifat empiris, karena gejala yang diteliti sudah ada secara wajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes tindakan. Adapun aspek yang dinilai dari gerak-gerak dasar tari Bali putri yaitu gerak dasar kepala, gerak dasar badan dan tangan, dan gerak dasar kaki. Sedangkan aspek yang dinilai dari Tari Tenun adalah agem, tandang, tangkep. Berdasarkan analisis pengolahan data mengenai kompetensi siswa menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dengan prestasi dalam menarikan tari Tenun siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan tahun 2022 tersebut diperoleh hasil dengan kreteria predikat baik. Nilai kompetensi siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri nilai rata-ratanya 79, sedangkan untuk nilai prestasi menarikan tari Tenun nilai rata-ratanya 81. Untuk hasil korelasi antara kompetensi menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dengan prestasi menarikan tari Tenun siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare Tabanan tahun 2022 dapat dinyatakan ada korelasi antara kompetensi menguasai gerak-gerak dasar tari Bali putri dengan prestasi menarikan tari Tenun siswa LKP Sanggar Tari Sekar Rare tahun 2022, dengan hasil korelasi product moment 0,746.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, D. L., Putra, A. A. G. A. R. ., & Gunawan, I. G. G. A. . (2023). KORELASI ANTARA KOMPETENSI MENGUASAI GERAK-GERAK DASAR TARI BALI PUTRI DENGAN PRESTASI MENARIKAN TARI TENUN SISWA LKP SANGGAR TARI SEKAR RARE TABANAN . Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 3(2), 185-197. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v3i2.3591
Section
Articles

References

Arikunto. 2006. Posedur Penelitian. Jakarta.

Arini, Ni Ketut. 2012. Teknik Tari Bali. Denpasar : Yayasan Tari Bali Warini.

Bandem. 1983. Ensiklopedia Tari Bali. Denpasar : Asti.

Dibia. 1999. Selayang Pandang Seni Pertunjukan Tari. Denpasar : Sanggar Waturenggong

Djayus, Nyoman. 1980. Teori Tari Bali. Denpasar : Sumber Mas Bali.

Eka Yanti, 2009/2010. Skripsi Kemampuan Menari Tari Belibis Siswa Kelas VII SMP N 2 Kubu Karangasem Tahun Pelajaran 2009/2010. Karangasem : IKIP PGRI Bali.

Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Eni Purnami, I Made. 2012. Skripsi Korelasi Antara Kemampuan Menguasai Gerak-Gerak Dasar Tari Bali Dengan Kemampuan Menarikan Tari Belibis Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Siswa Kelas VII SMP N 3 Abiansemal Tahun Pelajaran 2012/2013. Denpasar : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bali.

Gunartha, I Wayan. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Denpasar : IKIP PGRI Bali.

Hariyadi. 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.

Karsa. 2009. Skripsi Kemampuan Siswa Dalam Pelajaran Ekstrakurikuler Tari Kasmaran Pada Siswa SMPN 2 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2009/2010. Gianyar : IKIP PGRI Bali.

Kantor Dokumentasi Budaya Bali. 2000. Gerak-gerak Tari Bali : Kantor Dokumentasi Budaya Bali Propinsi Bali. Denpasar.

Mahendra, Eka, dan Nyoman Parmithi. 2015. Statistik Dasar Dalam Penelitian Pendidikan. Surabaya : Pramita.

Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudijino, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfa Beta.