CERITA TANTRI SILIH-SILIH KAMBING DALAM MOTIF BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER

Main Article Content

I Wayan Agus Sunarwan
Putrayasa I Nyoman
Ni Putu Laras Purnamasari

Abstract

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai kependidikan dan memberikan pelajaran kepada murid mengenai pengetahuan moral. Pada umumnya pemberian materi dalam pembelajaran pendidikan karakter dilakukan hanya dengan metode lisan atau berupa teks, jika ini terus dilakukan maka tidak menutup kemungkinan akan tercipta suatu pembelajaran yang monoton. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk menciptakan media pembelajaran visual khususnya pendidikan karakter melalui wayang dengan motif batik yang terinspirasi dari cerita tantri “silih – silih kambing”. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan alternaitf media pembelajaran pendidikan karakter berbasis produk seni dan untuk menguji kelayakan. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan metode kualitatif. Data – data yang dianalisa dengan metode ini berupa teks, dan kuesioner. Penelitian dilakukan pada siswa TK Negeri Apuan dengan guru sebagai pendamping sekaligus memberi penilaian. Berdasarkan data-data yang telah didapatkan, hasil menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran wayang cerita tantri silih-silih kambing ini mendapatkan predikat baik dari hasil penilaian kuesioner para guru TK Negeri Apuan. Sedangkan hasil wawancara, menyatakan bahwa media ini mampu meningkatkan daya tarik, semangat, dan antusias siswa terhadap pembelajaran, mengingat sangat jarang ada tenaga pendidik menggunakan media seperti ini sehingga membuat penggunaan media ini sangat menarik baik dari segi tampilan dan penyajiannya.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sunarwan, I. W. A. ., I Nyoman, P., & Purnamasari, N. P. L. (2023). CERITA TANTRI SILIH-SILIH KAMBING DALAM MOTIF BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER . Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 3(2), 151-166. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v3i2.3569
Section
Articles

References

Antari, L. P. S., Purnamasari, N. P.

L., & Adiputra, A. M. (2019). PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SENI BATIK.

Innike, K. (2018). Pelaksanaan Sistem Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Di Pesantren Al-Manar Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Mahliana, L., & Mustikarini, I. D. (2013). Pendidikan karakter anak melalui seni batik. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 119-134.

Nurasiah, I., Arita, A., Zulela, M. S., & Edwita, E. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga sebagai Media Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 229-237.

Pendit, I., Artajaya, G. S., &

Putrayasa, I. N. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER RELIGI HINDU GENERASI MUDA DALAM KREATIVITAS KARYA SENI OGOH-OGOH.

Purnamasari, N. P. L. PESONA KEINDAHAN ALAM KINTAMANI DALAM UNTAIAN KAIN BATIK.

Syafutri, H. D., & Hidayati, F. (2016). Fabel sebagai alternatif pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra anak. In Makalah dipresentasikan pada pertemuan seminar nasional sastra anak membangun karakter anak melalui sastra anak. Yogyakarta.

Shoimah, L., Sulthoni, S., & Soepriyanto, Y. (2018). Menanamkan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169-175.

Saraswati, D. L., Pratama, D., & Putri, D. A. (2019). Pemanfaatan Wayang sebagai Media Pembelajaran. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).