PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 DALAM MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI TRADISIONAL

Main Article Content

Randi Prayoga
Ayo Sunaryo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 dalam materi menggambar ilustrasi tradisional. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan sebagai respons terhadap kebutuhan akan metode pembelajaran yang inovatif dan berinteraksi untuk mendukung pemahaman siswa terhadap teknik menggambar ilustrasi tradisional. Metode pengembangan media pembelajaran ini mengintegrasikan prinsip desain instruksional, teori pembelajaran konstruktivis, dan teknologi e-learning. Articulate Storyline 3 dipilih sebagai platform pengembangan karena kemampuannya dalam menciptakan konten interaktif dan mudah diakses oleh pengguna. Proses pengembangan melibatkan analisis kebutuhan, desain instruksional, pengembangan konten, uji coba, dan evaluasi. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa Articulate Storyline 3 dapat efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menggambar ilustrasi tradisional. Media pembelajaran ini menyajikan materi secara interaktif melalui berbagai fitur seperti simulasi, tugas interaktif, dan uji coba evaluatif. Evaluasi dari ahli konten dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat diimplementasikan dengan baik dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teknologi pendidikan dengan menyediakan alternatif media pembelajaran yang berfokus pada pengajaran  menggambar ilustrasi tradisional. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi pendidik dan pengembang kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni rupa tradisional melalui pemanfaatan teknologi pembelajaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prayoga, R., & Sunaryo, A. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 DALAM MATERI MENGGAMBAR ILUSTRASI TRADISIONAL . Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v4i1.3440
Section
Articles

References

Anonim, “Articulate Storyline untuk Media Pembelajaran Guru SD”, https://pustekkom.kemdikbud.go.id/articulate-storyline-untuk-mediapembelajaran-guru-sd/ (diakses 03 Desember 2023)

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (1996). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Connolly, K., & Reid, A. (2007). Ethics review for qualitative inquiry: Adopting a values-based facilitative inquiry. United State: Qualitative Inquiry.

Hadi, S. (1986). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Kvale, S. (2011). Doing Interviews. Los Angeles: Thousand Oaks.

Muharrar, S. (2007). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.

Muksin. (2014). Seni Budaya: Buku Guru SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Poerwandari., K. E. (2009). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3 UI.

Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rohman, A., Ahmad, & Dkk. (2010). Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Averroes Press.

Rivers, David. 2015. Up and Running with Articulate Storyline 2. https://www.lynda.com/Storyline-tutorials/Up-Running-Articulate-Storyline- 2/196582-2.html/ (diakses 03 Desember 2023).

Sadiman, A. S. (2018). Media Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Sadiman, A. S., & Dkk. (1990). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan . Jakarta: CV. Rajawali.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sujana, N., & Rivai , A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Syakir, A. J. (2007). Resusitasi Jantung Paru. Jakarta: Pusat Penerbit Departemen Ilmu Penyakit Dalam Universitas Indonesia.

Kusrianto, A. (2015). Pengantar Desain Komunikasi Visual. In Parmadi, & Dkk, Pengantar desain komunikasi visual (p. 780). Yogyakarta: Andi.

Schramm, W. (2011). Media dan Sumber Pembelajaran. In W. Schramm, & S. Putri, Big Media Little Media (p. 20). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Supriyono, R. A. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning. In Sugihartono, Sistem Pengendalian Manajemen (p. 1101). Yogyakarta: BPFE-UGM.