EKSISTENSI TABUH SEKAR GENDOT GAMELAN SEMARA PEGULINGAN DI ERA MODERN DI BANJAR TEGES KANGINAN, DESA PELIATAN, KECAMATAN UBUD

Main Article Content

I Made Sena Windra Atmaja
I Wayan Sugama
Luh Putu Pancawati

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Eksistensi tabuh sekar gendot gamelan semara pagulingan di era modern di Banjar Teges kanginan, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud. Pada era modern saat ini keberadaan eksistensi tabuh sekar gendot di banjar Teges Kanginan mengalami kemerosotan, di karenakan adanya sebuah pararem proses dari regenerasi sekaa yang mengharuskan meneruskan generasi sekaa adalah salah satu keturunan sekaa itu sendiri.Pada penelitian ini mengangkat tiga permasalahan pokok, eksistensi tabuh sekar gendot gamelan semara pagulingan di banjar Teges Kanginan di era modern, bentuk tabuh sekar gendot gamelan semara pagulingan di Banjar Teges Kanginan, dan bagaimana proses regenerasi sekaa semara pagulingan di Banjar Teges kanginan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab semua rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumen. Kesimpulan penelitian ini proses mempertahankan tabuh Sekar Gendot secara langsung dilakukan bersamaan dengan proses regenerasi dalam sekaa. Selama sekaa tersebut masih ada regenerasinya, tabuh tersebut akan tetap ajeg dan berkelanjutan, apalagi gending tersebut sudah memiliki ciri khas gaya permainan sendiri yang mencerminkan identitas dari sekaa itu sendiri. sudah barang tentu, setiap generasi ke generasi gending Sekar Gendot tersebut akan menjadi dasar dan menjadi gending wajib yang harus dimainkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Atmaja, I. M. S. W., Sugama, I. W. ., & Pancawati, L. P. . (2023). EKSISTENSI TABUH SEKAR GENDOT GAMELAN SEMARA PEGULINGAN DI ERA MODERN DI BANJAR TEGES KANGINAN, DESA PELIATAN, KECAMATAN UBUD . Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 3(1), 136-151. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v3i1.3072
Section
Articles

References

Anonim. 2021. “14 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap”. Tersedia pada pelajaran.co.id/pengertian-modernisasi-menurut-para-ahli/ (diakses pada tanggal 20 Februari 2022).

Aryasa, Putra. 2014. “Karawitan Bali”. Terdapat pada: http://blog.isi-dps.ac.id/putraaryasa/index.php/2014/05/04/karawitan-bali/ (diakses pada tanggal 3 februari 2022).

Aryk Oka Apriana, I Wayan. 2020. Kebertahanan Gending Sekar Gendot Sebagai Dasar Pendidikan Seni Karawitan Di Sekaa Gong Gunung Jati Banjar Teges Kanginan Desa Peliatan. Skripsi: Gianyar.

Bandem, I Made. 2013. Gamelan Bali di Atas Panggung Sejarah. Denpasar: BP STIKOM BALI.

Prasetyo, Agung. 2016. “Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif, Mahasiswa Skripsi Wajib Tahu”. Tersedia pada https://www.linguistikid.com/2016/09/pengertian-penelitian-deskriptif-kualitatif.html (diakses pada tanggal 20 Februari 2022).

Putra, Agus Aditya. 2018. “Gamelan Semar Pegulingan”. Terdapat pada: http://blog.isi-dps.ac.id/agusadityaputra/gambelan-semar-pegulingan (diakses pada tanggal 3 Februari 2022).

Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. 2017. “Kesenian Semara Pegulingan”. Terdapat pada: https://disbud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/kesenian-semara-pagulingan-13