BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA LAGU GELANG KOE WA’U TA KARYA PHILIPUS MANTI, RUTENG, MANGGARAI, NTT

Main Article Content

Alexandro Jehada
I Ketut Muada
I Ketut Lanus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk, Fungsi, Dan Makna yang terkandung dalam lagu Gereja berbahasa daerah Manggarai yaitu Gelang Koe Wa’u Ta karya Philipus Manti yang diciptakan pada tahun 1937. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah deskritif kualitatif. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui Bentuk, Fungsi, Dan Makna lagu Gelang Koe Wa’u Ta yaitu metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam hasil analisis bentuk lagu Gelang Koe Wa’u Ta karya Bapak Philipus Manti yaitu syair lagu, unsur-unsur musik yang didukungi oleh, (bunyi, ridme/irama, birama, harmoni, melodi tempo, tangga nada, dinamika, timbre, ekspresi), dan struktur susunan lagu. Fungsi lagu manggarai untuk menyambut perayaan hari Natal bagi umat Kristiani Manggarai. Pada intinya isi dan makna dari lagu Gelang Koe Wa’u Ta ini menceritakan tentang kerinduan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jehada, A., Muada, I. K. ., & Lanus, I. K. (2023). BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA LAGU GELANG KOE WA’U TA KARYA PHILIPUS MANTI, RUTENG, MANGGARAI, NTT. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 3(1), 118-135. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v3i1.3071
Section
Articles

References

Agam, Rameli. 2014. Menulis Proposal, Paduan Lengkap membuat Proposal Penelitian, kerja sama, bisnis, proyek, dan event. Yogyakarta: Giyadie.

Agung, Lingga. 2017. Pengantar Sejarah dan Konsep Estetika. Yogyakarta: PT Kanisius.

Arabica, Firman Galang Kurniaji. 2015. Analisis Lagu Dan Makna Syair Karya Grup Band Be Seven Steady Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Cornelyoes Bangun, Sem., Siswandi., Narawati, Tati., dan Rizal, Manua Jose. 2017. PG Seni Budaya X Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1990. “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta Balai Pustaka.

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hardjana, Suka. 2018. Estetika Musik Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Erie Stiawan.

Nursapia, Harahap. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan Sumatra Utara: Wal Ashri Publishing.

Kurniawati, Desti. 2015. Bentuk Penyajian Tari Silampari Kahyangan Tinggi Pada Kota Lubuklingau Sunatra Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Mustakim, Toni. 2016. Fungsi Dan Bentuk Penyajian Musik Dolalak Di Masyarakat Hardimulyo, Kec.Kaligesing, Purwerejo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Malut, Wilhelmus Fransisco Goda. 2016. Kemampuan Membaca Notasi Angka Dalam Lagu Ave Maria Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Musik Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Bali Denpasar.

Ningsih, Agung Ayu Andre. 2020. Estetika Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Lagu Bedak Uling Bangli Karya Dek Ulik. Skripsi. Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Bali Denpasar.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Farida Nugrahani.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sangsung, Eduardus. 2000. Dere Serani. Ende: Arnoldus.

Sidiq, Umar dan Choiri, Miftachul. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Supratiknya, A. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Waesberghe, Smits Van. 2016. Estetika Musik. Yogyakarta: Thafa Media.