RESPON SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS X USAHA PERJALANAN WISATA (UPW) 1 SMK NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang deskripsi respon sisiwa pada aspek kognitif, afektif dan konatif terhadap media pembelajaran google classroom pada mata pelajaran Seni Budaya, dengan pendekatan deskriptif kuantitaif, penelitian ini bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis atau terperinci. Penelitian ini menggunakan observasi dan tes lembar angket (kuisioner) sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini di laksanakan di SMK Negeri 5 Denpasar, Sumerta Kauh, Kec. Denpasar Timur. Kota Denpasar. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 1 tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase respon siswa kelas X Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 1 SMK Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022, terhadap media pembelajaran google classroom dalam mata pelajaran Seni Budaya pada aspek kognitif indikator pemahaman isi google classroom memperoleh persentase respon iswa dengan rata-rata 88% dan indikator pemahaman menggunakan google classroom rata-rata 84% dan indikator pemahaman terhadap tampilan google classroom rata-rata 87%. Pada aspek afektif respon siswa pada indikator motivasi memperoleh persentase respon siswa rata-rata 85,5%, pada indikator kemenarikan rata-rata 86,5% dan pada indikator rasa ingin tahu dengan rata-rata 89,5%. Pada aspek konatif respon siswa pada indikator bertanya dan menanggapi pertanyaan memperoleh presentase dengan rata-rata 89%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa presentase respon siswa sangat baik.
Downloads
Article Details
References
Arsyad, Azhar. 2010. ”Media pendidikan: Pengertian, penegmbangan, dan pemanfaatan”. Banjar masin. PT. Raja Grafindo Persada
Kamaril. 2001. “Konsep Pendidikan Seni Tingkat SD-SLTPSMU. Makalah Semiloka Pendidikan Seni”
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta : Directorat Jendral Pendidikan Islam Departeman Agama RI, 2005)”
Rima,Ega. 2016. “Ragam media pembelajaran”. Jakarta. Kata Pena.
Rahmat, Jalaludin. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suyanto, 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen Dikti
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
The Liang Gie. 1976. Garis Besar (Filsafat Keindahan). Yogyakarta: Karya