PROSES KREATIF PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK JENIS LOW DENSITY POLYETHYLENE OLEH I MADE ARDE WIYASA

Main Article Content

I Nyoman Sastrawan
Agus Mediana Adiputra
I Nyoman Putrayasa

Abstract

Kantong plastik merupakan barang yang tak pernah lepas bagi kehidupan manusia. Kemudahan, kepraktisan dan harganya yang murah membuat kantong plastik selalu digunakan. Penggunaan kantong plastik yang begitu pesat tidak dibarengi dengan pengelolaannya, akibatnya kantong plastik banyak mencemari lingkungan. Melihat hal tersebut salah seorang seniman yang bernama I Made Arde Wiyasa berinisiatif untuk mengolah limbah kantong plastik menjadi karya seni dan produk. Dalam melakukan proses kreatif beliau melalui teknik pres menggunakan setrika, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti proses kreatif pengolahan limbah kantong plastik yang dilakukan I Made Arde Wiyasa.Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui proses kreatif pengolahan limbah plastik jenis low density polyethylene oleh I Made Arde Wiyasa, (2) Untuk mengetahui bentuk hasil pengolahan limbah plastik jenis low density polyethylene oleh I Made Arde Wiyasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data penelitian ini menggunakan metode penyajian data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini, yaitu (1) Plastik merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, namun penggunaannya yang tidak terkontrol mengakibatkan pencemaran lingkungan dimana-mana, (2) Melihat lingkungan sekitar yang tercemar oleh banyaknya limbah kantong plastik yang berserakan. I Made Arde Wiyasa memiliki inisiatif untuk mengolahnya menjadi barang yang lebih berguna dan memiliki nilai seni, (3) I Made Arde Wiyasa melakukan riset tentang pengolahan limbah plastik jenis low density polyethylene. Setelah melakukan observasi, eksplorasi, eksperimen dan inovasi, beliau mengolah limbah kantong plastik tersebut melalui teknik pres menggunakan setrika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sastrawan, I. N. ., Adiputra, A. M., & Putrayasa, I. N. (2023). PROSES KREATIF PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK JENIS LOW DENSITY POLYETHYLENE OLEH I MADE ARDE WIYASA. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 3(1), 59-68. https://doi.org/10.59672/batarirupa.v3i1.2952
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badudu, J. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodelogi Penelitian - Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hardani, d. 2020. Metode Penelitian : Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Komaruddin, Y. T. 2007. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Jakarta Bumi Aksara.

Moleong, L. J. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sandu Siyoto dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sri Nurhayati Qodriyatun, dkk. 2019. Sampah Plastik dan Implikasi Kebijakan Pembatasan Plastik Sekali Pakai. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, M. 2011. Diksi Rupa. Yogyakarta: Dicti Art Lab.

Utomo, A. M. 2017. Dasar-dasar Desain Dan Produk. Denpasar: UPT Penerbitan ISI Denpasar.

Agus Mediana Adi Putra dan Ni Putu Laras Purnamasari. 2020. Sampah Plastik Sebagai Media Kreativitas oleh Seka Teruna Budhi Eka Jaya. Stilistika, 9, 80-91.

Jatmiko Wahyudi, dkk. 2018.

Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan Baku Pembuatan Bahan Bakar Alternatif. Litbang, 14, 58-67.

Purwaningrum, P. 2016. Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan. Teknologi Lingkungan, 141-147.

Zulfan Arico dan Sri Jayanthi. 2017. Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kreatif Sebagai Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Pengabdian Masyarakat, 1, 1-6.

Putra, A. M. 2014, November 28. Eksplorasi Bentuk Ikan Dalam Penciptaan Karya Seni. Dipetik April 23, 2020, dari digilib: http://digilib.isi.ac.id/343/.

Waluyo, L. 2018, Januari 01. PENGERTIAN LIMBAH : Jenis Jenis, Dampak dan Contoh Limbah. Dipetik Februari 20, 2021, dari Salamadian: https://salamadian.com/penge rtian-limbah/.