PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGUASAI MATERI GERAK DASAR TARI DAERAH BALI PADA SISWA KELAS VIII A SMP TUNAS HARAPAN JAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Ni Kadek Mega Agustina Putri
Pande Wayan Bawa
Luh Putu Pancawati

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mencapai peningkatan kemampuan belajar materi gerak dasar tari daerah bali, serta respon atas penggunaan metode pembelajaran Blended Learning dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII A SMP Tunas Harapan Jaya Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam data siklus, dengan mengunakan metode tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Tunas Harapan Jaya tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebelum menerapkan metode pembelajaran blended learning nilai rata-rata 60,3. Setelah menerapkan metode pembelajaran blended learning rata-rata mencapai 68,7 dengan ketuntasan klasikal 20,8% dan observasi respon siswa dengan hasil rata-rata 69,7 dengan ketuntasan klasikal 25% pada siklus I. Selanjutnya dilaksanakan siklus II menunjukkan rata-rata 80,6 dengan ketuntasan klasikal 83% yang menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan dari siklus I. Hasil observasi respon siswa siklus II menunjukkan rata-rata 81,5 dengan ketuntasan klasikal 87,5% menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penerapan metode pembelajaran blended learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai materi gerak dasar tari daerah Bali siswa kelas VIII A SMP Tunas Harapan Jaya tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, N. K. M. A. ., Bawa, P. W. ., & Pancawati, L. P. . (2022). PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGUASAI MATERI GERAK DASAR TARI DAERAH BALI PADA SISWA KELAS VIII A SMP TUNAS HARAPAN JAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(2), 283-292. https://doi.org/10.5281/zenodo.7736257
Section
Articles

References

Dwiyogo, Wasis. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Pt. Raja Grafindo Persada.

Ermalinda, P (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Gunartha. (2009). IKIP PGRI Bali. Denpasar.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Mansur, A. (2011). Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Laporan Karya Ilmiah. Bandung: PAAP FEB-UNPAD.

Sugiyono. (2017:7). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018:223). Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sunartana, N. d. (1992). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Wikipedia. (2020). Pembelajaran Campuran. diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Pemelajaran_campuran#:~:text=Pembelajaran%20campuran%20(blended%20learning)%20adalah,%2C%20tempat%2C%20urutan%2C%20maupun%20kecepatan pada tanggal 16-01-2022 pukul 13.22.