ESTETIKA TATA RIAS DAN TATA BUSANA TARI BARIS KEKUPU DI BANJAR LEBAH, DESA SUMERTA KAJA, DENPASAR

Main Article Content

Kadek Ayu Juni Aryani
Ni Made Arshiniwati
Ni Luh Sustiawati

Abstract

Tari memiliki beberapa unsur-unsur yang tiap-tiap unsur tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Salah satunya tata rias dan tata busana, dimana penggunaan tata rias dan tata busana mampu memberi ciri khas dari segi  estetikanya. Penelitian ini akan menggunakan teori estetika Thomas Aquinas mengenai tiga (3) persyaratan yakni keutuhan atau kesempurnaan, perimbangan atau keserasian dan kecemerlangan atau kejelasan. Penggunaan busana baris dan gelung legong sebagai hiasan kepala serta penggunaan kampid kupu-kupu, mampu memunculkan identitas dari Tari Baris Kekupu. Lokasi penelitian berada di Banjar Lebah, Desa Sumerta Kaja, Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan mengggunakan dua teknik yakni observasi (pengamatan) dan wawancara. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang estetika yang mampu menunjang kesenian Tari Baris Kekupu. Unsur tata rias dan tata busana ini mampu   memberikan   identitas   tokoh / peranan  yang  dibawakan  di  atas  panggung,  serta  memperkuat  karakter  tarian. Pada estetika tata rias, pemilihan warna sangat diperlukan guna mendukung ketegasan garis wajah para penarinya. Sehingga estetika tata busana Tari Baris Kekupu sudah memiliki ciri khas yang menonjol, dimana pada tata busana tarian ini memiliki keunikan yang memasukkan dua unsur tarian yaitu, pemakaian elemen-elemen busana Tari Baris Kekupu dan penggunaan gelungan Tari Legong pada tarian ini serta pemakaian sayap kupu-kupu yang menjadi identitas Tari Baris Kekupu. Sehingga kedua unsur tersebut mampu menjadi daya tarik para penonton sebagai suatu seni pertunjukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aryani, K. A. J., Arshiniwati, N. M., & Sustiawati, N. L. (2022). ESTETIKA TATA RIAS DAN TATA BUSANA TARI BARIS KEKUPU DI BANJAR LEBAH, DESA SUMERTA KAJA, DENPASAR. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(2), 270-282. https://doi.org/10.5281/zenodo.7672810
Section
Articles

References

Bandem, I Made. 1983. Ensiklopedi Tari Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar Bali.

Dibia, I Wayan. Ilen-Ilen Seni Pertunjukan Bali. Denpasar: Yayasan Wayan Geria, 2012.

Dibia, I Wayan. 2013. Puspasari Seni Tari Bali. Denpasar: UPT. Penerbitan ISI Denpasar.

Djelantik, Dr. A.A.M. 1990. Pengantar Dasar Ilmu Estetika Jilid I Estetika Instrumental. Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar.

Djelantik, A.A.M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Posdakarya.

Nuraini, Indah. Tata Rias dan Busana Wayang Orang Gaya Surakarta. Yogyakarta: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta, 2011.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Nanik Sri. "Warna, Garis, Dan Bentuk Ragam Hias Dalam Tata Rias Dan Tata Busana Wayang Wong Sri Wedari Surakarta Sebagai Sarana Ekspresi”. 2001.

Gie, The Liang. 2004. Filsafat Keindahan. Yogyakarta: PUBIB.