PERAN SERTA GURU SENI BUDAYA DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING/ONLINE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Main Article Content

I Putu Bayu Suryadinata
Suarta I Made
I Wayan Sugama

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai pembuktian bahwa guru sangat berperan penting dalam memberikan pengajaran yang berlangsung secara daring/online dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Denpasar dengan jumlah responden sebanyak 100 siswa yang akan memberikan tanggapannya dalam mengukur persentase tingkat kepuasan siswa terhadap kinerja peran serta guru pada penerapan sistem pembelajaran daring/online melalui metode pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi serta kuisioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase tingkat kepuasan siswa terhadap kinerja peranan guru seni budaya menunjukkan rata-rata tingkat kepuasan yang sangat baik diantaranya ; Sangat Tidak Puas (0,133%), Tidak Puas (3,933%), Puas (55,85%) dan Sangat Puas (40,13%), (2) Hambatan-hambatan dalam penerapan sistem pembelajaran daring/online dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang sifatnya masih sangat sederhana dan bisa diantisipasi dengan membiasakan diri dalam peralihan antara pembelajaran tatap muka dengan penerapan sistem pembelajaran daring/online, (3) Persentase hasil belajar siswa pada data pra siklus menunjukkan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 30% dan data Siklus I menunjukkan siswa yang tidak tuntas belajar adalah 4% . Penururunan peresentase merupakan suatu hal yang sangat penting dalam penelitian ini karena merupakan tolak ukur dalam menentukan tingkat keberhasilan peranan guru dalam penerapan sistem pembelajaran daring/online.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryadinata, I. P. B. ., I Made, S., & Sugama, I. W. . (2022). PERAN SERTA GURU SENI BUDAYA DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING/ONLINE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(2), 248-258. https://doi.org/10.5281/zenodo.7655329
Section
Articles

References

Cahana, Nana. 2020. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang tua. Kompasiana.

Chalim, Saifuddin dkk. 2018.Peran Orang tua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran (The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning). Jurnal Penyuluhan, 14(1).

Dewi, Shinta Kurnia. 2011. Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Depok. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta.

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.