PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENARIKAN TARI PANJI SEMIRANG DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Ida Ayu Gede Santunningsih
I Made Gede Putra Wijaya
Komang David Darmawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menarikan Tari Panji Semirang dalam pelajaran seni budaya dengan menggunakan metode drill. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Petang Kec. Petang, Kab, Badung tahun pelajaran 2021/2022. Dengan melibatkan 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode driil sebagai strategi pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya dapat meningkatkan kemampuan menari siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Petang, Kec.Petang, Kab, Badung tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan skor rata – rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 72,19 menjadi 81,67 pada siklus II. Terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 9,48. Selain dapat dilihat dari skor rata – rata kemampuan menari siswa, ketuntasan secara klasikal juga mengalami peningkatan dari 70,37 % siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 92,59% siswa yang tuntas pada siklus II.Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode driil dapat meningkatkan kemampuan siswa menarikan tari Panji Semirang dalam pelajaran Seni Budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Petang, Kec.Petang, Kab, Badung tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Santunningsih, I. A. G. ., Wijaya, I. M. G. P. ., & Darmawan, K. D. . (2022). PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENARIKAN TARI PANJI SEMIRANG DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(2), 220-231. https://doi.org/10.5281/zenodo.7567107
Section
Articles

References

Astuti, Fuji 2016. Pengetahuan dan Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Djayus, Nyoman. 1971. Teori Tari Bali. Denpasar. Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali.

Herlanti, Y. 2008. Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Zaman ke Zaman. On line at yherlanti.wordpress.com [diakses 3 Februari 2022].

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Istarani. 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Rineka Cipta.

Kunandar. 2008. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).(Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mudjiono, Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 2006. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pakerti Widia, dkk. (2006). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rinka Cipta.

Rukaesih dan Cahyana Ucu. 2015. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran; Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar, Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prenandamedia Group.

Sediawati. 2006. Kemampuan Menari. Sulawesi Selatan