PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENARIKAN TARI PANJI SEMIRANG DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIII A SMP NEGERI 1 PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menarikan Tari Panji Semirang dalam pelajaran seni budaya dengan menggunakan metode drill. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Petang Kec. Petang, Kab, Badung tahun pelajaran 2021/2022. Dengan melibatkan 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode driil sebagai strategi pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya dapat meningkatkan kemampuan menari siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Petang, Kec.Petang, Kab, Badung tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan skor rata – rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 72,19 menjadi 81,67 pada siklus II. Terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 9,48. Selain dapat dilihat dari skor rata – rata kemampuan menari siswa, ketuntasan secara klasikal juga mengalami peningkatan dari 70,37 % siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 92,59% siswa yang tuntas pada siklus II.Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode driil dapat meningkatkan kemampuan siswa menarikan tari Panji Semirang dalam pelajaran Seni Budaya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Petang, Kec.Petang, Kab, Badung tahun pelajaran 2021/2022.
Downloads
Article Details
References
Astuti, Fuji 2016. Pengetahuan dan Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Djayus, Nyoman. 1971. Teori Tari Bali. Denpasar. Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali.
Herlanti, Y. 2008. Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Zaman ke Zaman. On line at yherlanti.wordpress.com [diakses 3 Februari 2022].
Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Istarani. 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Rineka Cipta.
Kunandar. 2008. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).(Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mudjiono, Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 2006. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pakerti Widia, dkk. (2006). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rinka Cipta.
Rukaesih dan Cahyana Ucu. 2015. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran; Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar, Bandung: Alfabeta.
Sanjaya Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Prenandamedia Group.
Sediawati. 2006. Kemampuan Menari. Sulawesi Selatan