EKSPLORASI SAMPAH PLASTIK MENJADI PAYASAN BARONG OLEH HMPS PENDIDIKAN SENI RUPA UPMI

Main Article Content

Putu Sigit Gangga Bayu
I Putu Karsana
Agus Mediana Adiputra

Abstract

Eksplorasi sampah plastik menjadi payasan barong oleh HMPS Pendidikan seni rupa UPMI merupakan upaya pengurangan limbah plastik sebagai ajang dukungan untuk PERGUB Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai. Serta memberikan pemahaman yang mendalam tentang pandangan masyarakat terhadap bentuk tradisi Bali, salah satunya barong propan yang hanya digunakan sebagai pagelaran budaya yang tujuannya untuk pengembangan pariwisata atau pertunjukan non sakral. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang diawali mendapatkan bahan baku berupa kantong plastik dan mengumpulkannya lalu memproses kantong plastik menjadi lembaran hingga menjadi sebuah karya berupa barong. Dan eksplorasi ini melalui empat proses yaitu : eksplorasi konsep, eksplorasi visual, eksplorasi media dan teknik, dan yang terakhir eksplorasi estetik. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa eksplorasi ini sebagai upaya sistematis untuk menanamkan kesadaran ekologis terhadap masyarakat khususnya bagaimana memperlakukan sampah plastik yang merupakan persoalan bersama dalam tatanan era sekarang ini. Dan upaya penanggulangan sampah plastik ini akan terus digulirkan dalam program RUANG PLASTIK agar program ini menjadi program yang bersifat lebih inklusif dan tentu saja membuka lebih banyak peluang kolaborasi serta pelibatan pihak dalam ranah seni rupa dan Pendidikan, serta tentu saja kepada masyarakat yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bayu, P. S. G. ., Karsana, I. P. ., & Adiputra, A. M. (2022). EKSPLORASI SAMPAH PLASTIK MENJADI PAYASAN BARONG OLEH HMPS PENDIDIKAN SENI RUPA UPMI. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(2), 187-206. https://doi.org/10.5281/zenodo.7543035
Section
Articles

References

Aminudin dan Nurwadi. 2019. “ Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Warga Sekitar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB-AD)”. Jurnal ABDIMAS BSI Jurna Pengabdian Pada Masyarakat Vol.2. No. 1Februari.Jakarta.

Manik, Karden Edy Sontag. 2016. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penerbit. Prenada Media Grup. Jakarta.

Marianto, M. Dwi. 2011. menempa quanta mengurai seni, Yogyakarta : Badan Penerbit Institut Seni Yogyakarta.

Ramatullah, Stera Laksana. 2021. "Eksplorasi Media Seni Rupa Dua Dimensi Menggunakan Mika Akrilik dalam jurnal Brikolase Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 13, No 2, Brikolase, Desember. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Sejati, Kuncoro. 2009. Pengelolaan Sampah Terpadu. Penerbit Kanisius.

Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metodelogi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Nata Karya. Ponorogo.

Sutrisno, Midji. Hendar Purtanto (ed.), Teori teori Kebudayaan, Yogyakarta : Kanisius, 2005.

Wirawan, Indra Komang. 2021. Keberadaan barong dan rangda dalam dinamika religius masyarakat hindu bali. PT Java Widya Duta. Jakarta.