PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENARIKAN TARI PUSPAWRESTI SISWA KELAS X MIPA 2 DI SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Putu Vinka Paramaditya
Komang Indra Wirawan
Anak Agung Gede Agung Rahma Putra

Abstract

Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan kepercayaan diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa melalui penerapan media audio visual tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Objek penelitian ini adalah penerapan media audio visual untuk meningkatkan kreativitas menarikan tari Puspawresti siswa.


Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Data awal siswa sebelum mengambil tindakan siklus I dan siklus II yaitu, siswa yang tuntas sebanyak 12 orang (30,77%) dan yang tidak tuntas sebanyak 27 orang (69,23%) dengan nilai rata-rata mencapai 72,95 dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Setelah pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,05 dengan ketuntasan mencapai 16 orang (35,89%). Maka dari itu, penelitian dilanjutkan dengan tindakan siklus II karena pada siklus I masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Pada siklus II nilai siswa kembali mengalami peningkatan dengan nilai 82,13 dengan ketuntasan sebanyak 37 orang (94,90%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kreativitas menarikan tari Puspawresti siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 5 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Paramaditya, P. V. ., Wirawan, K. I. ., & Putra, A. A. G. A. R. . (2022). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENARIKAN TARI PUSPAWRESTI SISWA KELAS X MIPA 2 DI SMA NEGERI 5 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(2), 178-186. https://doi.org/10.5281/zenodo.7542928
Section
Articles

References

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandem, I Made. 1996. Etnologi Tari Bali. Yogyakarta: KANIKUS (Anggota IKAPI).

Bungin, Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dibia, I Wayan. 2004. Pragina. Malang: Sava Media.

Indra Wirawan, Komang. 2017. Evaluasi Pengajaran Seni. Denpasar: IKIP PGRI BALI.

Nurkancana, Wayan, Sunarta. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.