KEMAMPUAN MEMAINKAN INSTRUMENT GITAR AKUSTIK PADA LAGU NAFF MEMILIKIMU OLEH SISWA KELAS XI IPS SMAK THOMAS AQUINO TANGEB TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

I Kadek Gunastra
I Wayan Sugama
I Ketut Muada

Abstract

Penelitian kemampuan memainkan instrument gitar akustik pada lagu naff memilikimu oleh siswa kelas XI IPS SMAK Thomas Aquino Tangeb tahun ajaran 2021/2022 memiliki masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanakah Kemampuan Siswa Dalam Memainkan Instrumen Gitar Akustik Pada Lagu Naff Memilikimu 2) Kendala apa sajakah yang dihadapi dalam Kemampuan Memainkan Instrumen Gitar Akustik Pada Lagu Naff Memilikimu. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Siswa Dalam Memainkan Instrumen Gitar Akustik Pada Lagu Naff Memilikimu dan bertujuan untuk mengetahui Kendala apa sajakah yang dihadapi dalam Kemampuan Memainkan Instrumen Gitar Akustik Pada Lagu Naff Memilikimu. Dalam mengadakan penelitian perlu adanya metode yang digunakan yaitu : 1) Tempat dan waktu pelaksanaan dimana tempat pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SMAK Thomas Aquino Tangeb Mengwi Badung dan waktu penelitian bulan April 2022, 2) Subjek penelitian yaitu menggunakan subjek penelitian populasi karena subjek penelitian kurang dari 100 orang, 3) Data dan sumber data yang dilakukan peneliti yaitu statistik kuantitatif, 4) Teknis analisis data yaitu Mencari skor maksimal ideal (SMI),Membuat pedoman konversi, Menentukan kriteria predikat, Mencari nilai rata - rata. Hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan, skor dikategorikan cukup, sehingga skor yang memperoleh nilai 91-100 sebanyak  orang presentase 22,50%, nilai 81-90 sebanyak  orang presentase 50%, nilai 71-80 sebanyak  orang presentase 25,80%, nilai <70 sebanyak orang presentase 9,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gunastra, I. K. ., Sugama, I. W. ., & Muada, I. K. . (2022). KEMAMPUAN MEMAINKAN INSTRUMENT GITAR AKUSTIK PADA LAGU NAFF MEMILIKIMU OLEH SISWA KELAS XI IPS SMAK THOMAS AQUINO TANGEB TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 136-150. https://doi.org/10.5281/zenodo.7302435
Section
Articles

References

Adam Malik dan Minan Chusni. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Agus Wardono dan Yuyun Istiana. 2018. Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Tuban: FKIP Universitas PGRI Ranggolawe.

Atan Hamdju dan Armillah Windawati. 1981. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: MUTIARA

Berta Sari. 2017. Kemampuan Memainkan Instrumen Gitar Pada Lagu Pop Lilin Kecil Pada Kegiatan Extrakurikuler Musik SMA 2 Mengwi Tahun Ajaran 2016/2017. Denpasar Skripsi Mahasiswa IKIP PGRI Bali.

F. Dhanang Guritno. 2016. Unsur - Unsur Musik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya.

I Made Laut Mertha Jaya. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: QUADRANT.

Irwan Zulhidayat dan A. Ruhimat. 2013. Gerbang Kreativitas Jagat Musik. Jakarta: PT BUMI Aksara.

Kompas.com. (2021, 10 Maret). Macam-macam Kunci atau Chord Gitar Diakses Pada 30 Februari 2022, Dari http://andrewgoll.wordpress.com Macam-macam Kunci atau Chord Gitar

Lusiana. 2019. Kemampuan Memainkan Alat Musik Gitar Klasik Dengan Menggunakan Not Balok Dalam Lagu Rayuan Pulau Kelapa Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Denpasar Skripsi IKIP PGRI Bali.

Mimin Haryati. 2013. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Kota Banda Aceh. Gaung Persada Press.

Nurkencana dan Sunarta. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, DAN R&D. Bandung: ALFABETA, Cv

Sujana. 2018. Kemampuan Memainkan Gitar Akustik Dalam Musik Esambel Campuran Oleh Siswa Kelas X G SMP Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018. Denpasar Skripsi IKIP PGRI Bali.

Sunarto. 2019. Musik dalam Kultur Pendidikan. Yogyakarta: Thafa Media.