NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBUATAN PAYASAN BARONG PLASTIK

Authors

  • I Wayan Agus Sudiarta Yadnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Agus Mediana Adiputra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Sujana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7302463

Keywords:

Nilai Pendidikan Karakter, Payasan, Barong Plastik

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam pembuatan payasan barong plastik, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah mengetahui nilai pendidikan karakter dalam pembuatan payasan barong plastik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersumber dari pada primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, wawancara dan observasi, Dan Metode untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode identifikasi data, reduksi data, penyajian pengolahan data, menarik kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini ditemukan enam nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan payasan barong plastik yaitu: kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, disiplin, kesabaran, dan tanggung jawab berdasarkan empat tahapan pembuataan payasan diantaranya adalah tahap pertama pengolahan sampah plastik, tahap kedua pemberian ukiran pada media plastik, tahap ketiga pemberian kaca pada media yang telah diberi ukiran (nyangkok), dan tahap keempat pemberian batas dari bentuk ukiran menggunakan kabel (nyibeh payasan)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Ni Kadek Mia Indra. 2020 (Skripsi) Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Batik Tulis Di Widya Batik Ubud, Bali. Denpasar. Skripsi Sarjana 1 Universitas PGRI Mahadaewa Indonesia.

Gautama Budha, 2007, “Kamus Bahasa Bali – Indonesia” Gianyar, Paramitha Surabaya.

Komang Indra Wirawan, 2016, “ Keberadaan Barong Dan Rangda Dalam Dinamika Religius Masyarakat Hindu Bali”, Denpasar, Paramitha Surabaya

Mustafidah Hindayati dan suwarsito, 2020, “Dasar-Dasar Metodologi Penelitian” purwokerto, UM Purwokerto Press.

Mustoip Sofyan, Japar Muhammad, dkk, 2018, “Implementasi Pendidikan Karakter”, Jakarta, CV. Jakad Publishing Surabaya.

Paul Suparno. 2015, “Pendidikan Karakter Di Sekolah”, Yogyakarta, PT KANSIUS (Anggota IKAPI)

Puspawati dan Luh De Liska. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tari Baris Tunggal. Stilistika, 7:1-16.

Putra, Agus Mediana Adi dan purnamasari, Ni Putu Laras. 2020. Sampah Plastik Sebagai Media Kreativitas Oleh Seka Teruna Budhi Eka Jaya. Stilistika. Volume 9.

Sanjaya Wina, 2013, “Penelitian Pendidikan”, Jakarta, KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Suasta Made, 2013 “Kamus Bahasa Bali – Indonesia Beraksara Latin Dan Bali”, Denpasar, Badan Pembina Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali Provinsi Bali.

Suda Ketut, 2019, “Penanggulangan Sampah Plastik Pada Upacara Piodalan Di Pura Besakih” Denpasar, UNHI PRESS.

Sukandarrumidi, 2006, “metodologi Penelitian”, Yogyakarta, GAJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Sastrawan, I Nyoman. 2021. (Skripsi) Proses Kreatif Pengolahan Limbah Plastik Jenis Low Density Polyethylene Oleh I Made Arde Wiyasa. Denpasar. Skripsi Sarjana 1 Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Published

2022-04-30

How to Cite

Yadnya, I. W. A. S. ., Adiputra, A. M. ., & Sujana, I. M. . (2022). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBUATAN PAYASAN BARONG PLASTIK. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 151-162. https://doi.org/10.5281/zenodo.7302463