KEMAMPUAN MENABUH INSTRUMEN SULING GAMBUH TABUH GODEG MIRING OLEH SEKAA GONG DWI TUNGGAL MENESA PUSEH PEDUNGAN

Authors

  • I Gede Dana Warsana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Pande Wayan Bawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Ketut Lanus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7297799

Keywords:

Kemampuan, Suling Gambuh, Tabuh Godeg Miring

Abstract

Penelitian ini mengangkat topik tentang Kemampuan Menabuh Instrumen Suling Gambuh Tabuh Godeg Miring Oleh Sekaa Gong Dwi Tunggal Menesa Puseh Desa Pakraman Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, yang bertujuan untuk mengkaji kemampuan dalam menabuh gamelan gambuh tabuh godeg miring dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran suling gambuh dalam tabuh godeg. Penting diharapkan mampu memberi manfaat untuk menambah wawasan guna mengapresiasi sarana pembelajaran. Adapun teori yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penelitian ini antara lain: Pengertian Seni Karawitan, Gamelan, Suling Gambuh, Pengertian Tabuh Godeg Miring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penentuan subjek penelitian dengan menggunakan populasi, metode pendekatan subjek penelitian dengan menggunakan metode empiris, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan metode tes tindakan, metode pengolahan data dengan mencari skor ideal, membuat pedoman konversi dan menentukan kriteria predikat kemampuan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, rata-rata kemampuan Menabuh Instrumen Suling Gambuh Tabuh Godeg Miring Oleh Sekaa Gong Dwi Tunggal Menesa Puseh, dikategorikan ke dalam predikat Sangat Baik dengan mencapat nilai rata-rata yaitu 84,00. Serta Masih adanya faktor kesulitan yang dialami yaitu, sebanyak 1 orang  anggota mengalami kesulitan dalam mempelajari teknik tetekep, 3 orang anggota  kesulitan ngumbang ngisep, dan 1 orang anggota kesulitan dalam kekompakannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandem, I Made. 1983. Ensiklopedi Gamelan Bali. Denpasar: Proyek Penggalian, Pembinaan, Pengembangan Seni Klasik/Tradisional Dan Kesenian Baru Pemerintahan Daerah Tingkat Bali.

Bandem, I Made. 2013. Gamelan Bali di Atas Panggung Sejarah. Denpasar: BP STIKOM BALI.

De Francesco, I. L. (1958). Art Education, Its Means and Ends. New York: Haper & Brother Publishers

Sugiyono. 2014. Metode Peneltian Kwantitaif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2022-04-30

How to Cite

Warsana, I. G. D. ., Bawa, P. W. ., & Lanus, I. K. (2022). KEMAMPUAN MENABUH INSTRUMEN SULING GAMBUH TABUH GODEG MIRING OLEH SEKAA GONG DWI TUNGGAL MENESA PUSEH PEDUNGAN. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 95-109. https://doi.org/10.5281/zenodo.7297799