PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARIKAN TARI REJANG TAMAN SARI PADA EKSTRAKURIKULER SISWA KELAS X SMK NEGARI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Main Article Content

Sri Dewi Yogyantari Putri
Pande Wayan Bawa
Luh Putu Pancawati

Abstract

Seni tari merupakan cabang seni yang dituangkan melalui gerak ritmis yang mengandung makna dan nilai-nilai budaya. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pertimbangan ilmiah untuk perencanaan pengembangan pembelajaran seni tari di sekolah, dan untuk meningkatkan kemampuan siswa di dalam bidang seni tari dan memotivasi siswa agar mencintai dan melestarikan kesenian daerah bali. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakanakan di SMK Negeri 2 Denpasar, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes dan observasi.


Data awal siswa sebelum mengambil tindakan siklus I dan siklus II yaitu, yang tuntas berjumlah 2orang dengan nilai 5,7% dan kriteria baik yang berjumlah 12 orang 68,8%. Adanya peningkatan nilai rata-rata pada observasi awal (pratindak) sebesar 65,7% dan meningkat menjadi 76,8% pada siklus I yang dialami oleh 19 orang siswa dan meningkat lagi menjadi 90,7% pada siklus Il yang dialami oleh semua siswa sebanyak 35 orang, ketentuan belajar pada siswa pada siklus IIsudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu dari jumlah siswa 75% mampu mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 79.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, S. D. Y. ., Bawa, P. W. ., & Pancawati, L. P. . (2022). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARIKAN TARI REJANG TAMAN SARI PADA EKSTRAKURIKULER SISWA KELAS X SMK NEGARI 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 74-88. https://doi.org/10.5281/zenodo.7112795
Section
Articles

References

Guritno F. Dhanang. 2016. Unsur - Unsur Musik. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya.

Hamdju Atan dan Windawati Armilah. 1981. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: MUTIARA

I Putu Suparmayasa. 2013, Kemampuan Membaca Notasi Dengan Intonasi Yang Tepat Pada Lagu Wanita Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Paduan Suara SMP Cipta Dharma Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Denpasar Skripsi Mahasiswa FPBS IKIP PGRI BALI.

Kompas.com. (2021, 10 Maret). BCL Ungkap Rahasia Lagu Karena Kucinta Kau. Diakses Pada 22 Februari 2022, Dari http://www.kompas.com/hype/read/2021/03/10175134966/bcl-ungkap-rahasia-lagu-karena-kucinta-kau

Kristina Yofince Lamawitak. 2011, Kemampuan Memainkan Alat Musik Pianika Dalam Lagu Satu Nusa Satu Bangsa Siswa Kelas VIIB SMP Dharma Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Denpasar Skripsi Mahasiswa FPBS IKIP PGRI BALI.

Malik Adam dan Chusni Minan. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Mertha Jaya I Made Laut. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: QUADRANT.

Nurkancana dan Sunarta. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Oktavianus Candra. 2016. Kemampuan Memainkan Gitar Dalam Lagu Desaku Siswa Kelas VII SMP SANTO YOSEPH DENPASAR Tahun Pelajaran 2019/2020. Denpasar Skripsi Mahasiswa FPBS IKIP PGRI BALI

Strajnar Jaka. 2021. CAJON. Slovenia, Europe: Strajnar Publishing

Sunarto. 2019. Musik dalam Kultur Pendidikan. Yogyakarta: Thafa Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, DAN R&D. Bandung: ALFABETA, Cv

Wardono Agus dan Istiana Yuyun. 2018. Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Tuban: FKIP Universitas PGRI Ranggolawe.

Zulhidayat Irwan dan Ruhimat A. 2013. Gerbang Kreativitas Jagat Musik. Jakarta: PT BUMI Aksara.