KEMAMPUAN MEMAINKAN INSTRUMEN CAJON DALAM LAGU KARENA KUCINTA KAU PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAK THOMAS AQUINO TANGEB TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Made Junaidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Komang Indra Wirawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Ketut Lanus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.7112691

Keywords:

Instrument Cajon, Lagu Karena Kucinta Kau

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMAK THOMAS AQUINO TANGEB bertujuan untuk mengetahui kemampuan memainkan instrument cajon dalam lagu karena kucinta kau siswa kelas XI IPA 1 SMAK Thomas Aquino Tangeb tahun pelajaran 2021/2022 dan bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam memainkan instrument cajon pada siswa XI IPA 1 SMAK Thomas Aquino Tangeb tahun pelajaran 2021/2022. Ruang lingkup penelitian ini hanya terbatas pada kemampuan memainkan instrument cajon dalam lagu karena kucinta kau dengan meliputi aspek-aspek: ketepatan dalam memukul membran cajon, ketepatan dinamika, dan ketepatan birama.

Dalam mengadakan sebuah penelitian perlu adanya metode yang digunakan yaitu: 1) Metode penentuan subjek penelitian menggunakan teknik populasi, yang menjadi subjek penelitian seluruh siswa kelas XI IPA 1 di SMAK Thomas Aquino Tangeb tahun pelajaran 2021/2022; 2) Metode pendekatan subjek penelitian menggunakan metode empiris; 3) Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes tindakan dan wawancara; dan 4) Metode pengolahan data dengan cara mencari skor maksimal ideal, dimana masing - masing aspekdiberikan bobot 4 dan rentangan nilai ( 1-4 ). Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 orang. Pedoman konvrensi juga dipakai untuk menentukan skor standar, rata - rata nilai seluruh siswa yang dicari untuk melihat kemampuan semua populasi.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa presentasi memainkan instrument cajon dalam lagu karna kucinta kau dengan nilai rata - rata yaitu 80,39, dan nilai rata - rata ini memiliki predikat cukup. Dari 28 siswa yang menjadi data populasi dalam penelitian ini terdapat 25 orang yang dinyatakan tuntas dan 3 orang dinyatakan tidak tuntas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah, Djam’an Satori. 2009. Metode Penelitian Kualintatif. Bandung: Alfabeta.

Bandem, I Made.1983. Ensiklopedi Tari Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia Denpasar

Bastomi, Suwaji.1992. Wawasan Seni. Semarang: IKIP Semarang Press

Gunartha, I Wayan. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Watra, I Wayan. 2009. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Paramita.

Wirawan, Komang Indra dan I Ketut Muada. 2017. Filsafat Seni. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Wirawan, Komang Indra dan I Wayan Sugama. 2017. Strategi Pembelajaran. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Wirawan, Komang Indra. 2017. Evaluasi Pengajaran Seni. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Published

2022-04-30

How to Cite

Junaidi, M., Wirawan, K. I. ., & Lanus, I. K. . (2022). KEMAMPUAN MEMAINKAN INSTRUMEN CAJON DALAM LAGU KARENA KUCINTA KAU PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAK THOMAS AQUINO TANGEB TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Batarirupa: Jurnal Pendidikan Seni, 2(1), 54-73. https://doi.org/10.5281/zenodo.7112691